blank
Ilustrasi sahur. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Makan sahur merupakan kesempatan mengisi tubuh dengan energi, sel-sel tubuh yang bekerja membutuhkan energi yang berasal dari glukosa darah. Selain menunda rasa lapar dan menghindari kelesuhan selama puasa, manfaat sahur juga menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

Selama menjalankan puasa di bulan Ramadan, tubuh memerlukan energi yang cukup agar tidak mudah lemas. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengatur dan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh ketika sahur. Ada berbagi tips sahur sehat yang bisa diterapkan.

Santap sahur penting agar energi di dalam tubuh terjaga. Meskipun dilakukan pagi buta, bukan berarti Anda boleh menyantap makanan yang asal. Tubuh harus diberi nutrisi yang cukup sampai waktu berbuka.

Baca Juga: Tips Cegah Ngantuk Saat Puasa

Sahur yang berkualitas tidak hanya soal kuantitas makanan yang masuk ke tubuh, namun juga harus mempertimbangkan jenis makanan yang dikonsumsi. Dilansir dari Suara.com,  berikut tips sahur sehat untuk menjalankan puasa Ramadan.

1. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh. Umumnya karbohidrat bisa didapat dari nasi putih, tetapi tidak ada salahnya jika diganti dengan menu sahur sehat seperti nasi merah, sereal, roti gandum, ataupun havermut.

Beberapa pilihan pengganti nasi putih yang telah disebutkan adalah jenis karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ini akan membuat rasa kenyang yang jauh lebih lama dan tentunya berenergi bagi tubuh.

2. Banyak konsumsi buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayur saat sahur sangatlah penting demi mencukupi asupan serat. Metabolisme tubuh yang mudah berubah saat berpuasa tentunya akan sangat membutuhkan serat yang cukup untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan hingga sembelit. Selain itu, vitamin di dalam buah juga sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh selama puasa.

Baca Juga: Puasa Ramadan, Momentum untuk Meningkatkan Amal Ibadah

3. Kurangi makanan pedas, gorengan dan santan

Makanan pedas, gorengan dan santan bukan hanya rawan bagi penderita maag. Ketika sahur, sebisa mungkin Anda membatasi konsumsi tiga jenis masakan tersebut. Hal ini karena selama berpuasa, cairan di dalam tubuh berkurang sehingga akan merasa haus dan kering di tenggorokan.

Nah, tiga jenis makanan tersebut mudah mengiritasi tenggorokan yang kering sehingga dapat menimbulkan panas dalam ataupun radang tenggorokan. Tentunya hal ini dapat menganggu Anda dalam berpuasa.

4. Seimbangkan asupan protein

Protein bisa didapatkan dari lauk pauk seperti ikan, ayam, daging, hingga protein nabati seperti tempe atau tahu. Jadi jangan hanya berfokus pada karbohidratnya saja, seimbangkan menu sahur sehat dengan jumlah protein yang akan dikonsumsi.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Berpuasa

5. Kurangi makanan instan

Makanan instan memang praktis dan simpel, tapi ini bukan pilihan menu sahur yang sehat. Meskipun kalorinya cukup tinggi, makanan instan menimbulkan rasa lapar lebih cepat. Kandungan gizi beberapa makanan instan juga kurang.

Dengan menerapkan tips sahur sehat di atas, harapannya kegiatan Anda selama puasa Ramadan akan terasa lebih nyaman.

Claudia