blank
Ilustrasi olahraga saat puasa. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu sedang melakukan diet saat puasa? Puasa adalah menahan lapar dan haus, maka seringkali dianggap sebagai salah satu momen tepat untuk menurunkan berat badan.

Hal itu memang tidak sepenuhnya salah, sebab diet saat puasa akan sangat memudahkan kamu, lantaran jam makannya yang lebih teratur dibandingkan hari-hari biasa.

Melansir dari Sehataqua.co.id, kamu perlu menjalankan beberapa tips diet saat puasa agar program penurunan berat badan bisa berjalan dengan maksimal.

Bagaimana cara diet saat puasa Ramadan yang disarankan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jangan lewatkan makan sahur
Beberapa orang mungkin menganggap bahwa melewatkan makan sahur mungkin bisa mendukung program diet saat puasa, karena asupan makanan secara otomatis akan berkurang. Faktanya, hal tersebut justru tidak disarankan karena sahur sebenarnya bertujuan agar kamu tetap berenergi dan mencegah dehidrasi sepanjang hari selama puasa.

Di samping itu, melewatkan makan sahur juga akan membuat kamu tergiur untuk makan lebih banyak saat waktu berbuka tiba. Hal ini mungkin saja terjadi karena rasa lapar yang teramat sangat, karena perut kamu benar-benar kosong.

Jadi, jangan lewatkan sahur dan jangan lupa untuk minum aqua saat sahur untuk mencukupi hidrasi kamu.

2. Makan makanan bergizi seimbang
Hal yang paling utama bila kamu ingin menurunkan berat badan tentu saja dengan memilih menu diet saat puasa dengan nutrisi seimbang. Apalagi selama puasa, kamu hanya memiliki dua kesempatan untuk makan, yakni saat sahur dan setelah waktu berbuka.

Susun menu diet saat puasa kamu dengan mengutamakan konsumsi makanan bergizi seimbang, salah satunya yaitu melalui peningkatan asupan protein dan serat seperti buah, sayur, nasi, roti, daging, dan susu.