blank
Ilustrasi olahraga saat puasa. Foto: Dok/Halodoc

Jangan khawatir, sekarang sudah banyak pilihan menu sahur sehat dan juga menu buka puasa sehat yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

3. Tetap berolahraga
Perlu diingat, puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan. Tetap jalankan budaya hidup sehat secara disiplin dengan tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga. Mengingat tubuh akan menjadi kurang aktif selama berpuasa, kamu bisa mengakalinya dengan menurunkan tingkat intensitas olahraga sebagai bagian dari tips diet saat puasa ini.

Hindari juga berolahraga intensitas tinggi seperti mengangkat beban, dan cobalah alternatif lainnya seperti melakukan beberapa gerakan yoga dan pilates untuk membantu membakar kalori sekaligus mengelola stres.

Ketika puasa, kamu dapat melakukan olahraga di sore hari sembari menunggu waktu berbuka. Selain itu cuaca di sore hari tidak terlalu panas sehingga mengurangi resiko dehidrasi.

4. Kurangi konsumsi produk olahan
Walau rasanya memang lezat dan sering bikin nagih, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi berbagai produk olahan lantaran mengandung monosodium glutamat (MSG), sodium, lemak, serta pemanis buatan yang membuat kamu menjadi mudah lapar, karena sulit mengontrol keinginan dalam makan makanan tersebut.

Tips diet saat puasa kali ini sejalan dengan poin nomor 2 yang lebih menyarankan kamu untuk konsumsi makanan bergizi seimbang. Dengan kata lain, menu diet saat puasa sebaiknya diolah dengan cara direbus, dikukus, dipanggang, atau ditumis.

5. Kurangi asupan gula tambahan
Pada dasarnya, konsumsi gula saat berbuka puasa memang disarankan karena dapat mengembalikan energi yang sempat hilang. Namun hal tersebut berlaku selama dikonsumsi dalam jumlah cukup. Sebab tubuh secara otomatis akan menyimpan cadangan lemak baru bila kamu terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis.

6. Kurangi makanan berminyak
Sebagian besar masyarakat Indonesia memang gemar mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan saat berbuka puasa. Walau memang tampak menggiurkan, makan makanan berminyak sebenarnya sangat tidak disarankan, khususnya bila kamu berniat menjalani program diet saat puasa.