blank
Lapak Semarang Hebat. Foto: drp

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Bagi penggemar burung Merpati yang ada di Semarang, ada tempat khusus yang disediakan untuk latihan. Tepatnya di tepi Sungai Banjir Kanal Timur sisi Barat, ada tempat latihan khusus untuk penggemar Merpati kolong.

Di areal itu, jelas terlihat ada empat tiang tinggi, yang masing masing dihubungkan dengan tali yang dihiasi bendera bendera kecil. Tempatnya sangat nyaman, luas dan mudah diakses.

Nama Semarang Hebat (Sahabat) dijadikan nama lapak Merpati kolong ini. setiap hari lapak ini ramai digunakan sebagai tempat latihan para penerbang burung Merpati, mulai dari pagi hingga sore hari.

BACA JUGA: Kodam IV/Diponegoro Kerahkan 3.620 Personel, Siap Bantu Keamanan Jateng

Jalu Senoaji, selaku Pengelola sekaligus Penanggung Jawab Lapak Sahabat mengatakan, meski baru empat bulan berdiri, namun antusias penggemar Merpati yang datang untuk melatih burungnya sangat tinggi.

”Ini bisa dilihat setiap harinya, sangat ramai sekali. Bahkan ada juga orang yang hanya sekadar mampir untuk melihat latihan Merpati di tempat ini. Apalagi bertepatan dengan bulan Ramadan ini, mereka melatih Merpati sembari menunggu waktu berbuka,” kata dia.

Lebih Lanjut Jalu menyatakan, yang paling menarik di Lapak Sahabat ini, anginnya sangat kencang, cocok untuk latihan maupun lomba. Dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi Merpati yang dilatih.

blank
Jalu Senoaji. Foto: drp

BACA JUGA: Hartopo Selalu Siap Terima Kritikan Membangun dari Masyarakat

Hal itu juga diakui para pemain yang datang dari lapak lain, atau luar kota. Bahkan salah satu Merpati yang bernama Pion, sudah pernah menjadi juara Nasional, dari latihan terbang di tempat ini. Lapak Sahabat yang baru saja berdiri ini, sekarang menjadi barometer dan tempat favorit bagi para penggemar burung Merpati kolong.

Dan pada Sabtu dan Minggu (1-2/4/2023) Lapak Sahabat akan mengadakan event dengan total hadiah sebesar Rp 8 Juta. Event ini juga dijadikan sebagai ajang pemanasan atau pralomba, yang puncaknya akan digelar pada Sabtu-Minggu (15-16/4/2023), dengan total hadiah Rp 25 Juta

”Meskipun hanya pralomba, namun sudah terlihat pemain dari luar kota yang melakukan test drive player (Merpati)-nya, untuk mengenal atau menjajaki jalur tempuh lomba. Sedangkan jalur tempuh Lapak Sahabat sendiri, berjarak kurang lebih 1,2 km. Peserta yang sudah terdaftar datang dari Demak, Salatiga, Kendal, dan Pekalongan,” terang Jalu.

BACA JUGA: CdM SEA Games 2023 Beri Suntikan Motivasi ke Atlet Pelatnas Senam

Ditambahkan dia, pihaknya akan selalu mengadakan pembenahan dan berinovasi terhadap Lapak Sahabat ini, untuk memuaskan para penggemar yang datang. Sehingga bisa terus maju dan berkembang, menjadi lapak yang bisa dibanggakan.

”Harapan kami, para pemain Merpati kolong Kota Semarang bisa menorehkan prestasi yang gemilang dalam kancah Nasional. Silakan melatih Merpati Anda disini, di Lapak Semarang Hebat,” tukas Jalu Senoaji.

dr Prie