blank
Harini Krisniati (Ketua Pengurus Yayasan Abdi Masyarakat/Tengah). Foto: unpand

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Pandanaran (Unpand) Semarang, membuka kesempatan bagi lulusan SMA sederajat tahun 2021/2022/2023, untuk menempuh pendidikan jenjang S-1 dan D-3, di perguruan tinggi yang dikelola Yayasan Abdi Masyarakat itu.

Calon mahasiswa baru tidak dipungut biaya, bahkan mendapatkan beasiswa melalui Program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) selama masa studi, yang ditempuh maksimal delapan semester.

Hal itu seperti diungkapkan Ketua Pengurus Yayasan Abdi Masyarakat, Harini Krisniati. Dia mengatakan, kebijakan itu untuk membantu lulusan SMA sederajat, yang tidak dapat menempuh jenjang perguruan tinggi karena keterbatasan biaya.

BACA JUGA: Polsek Muntilan Amankan Ratusan Botol Miras di Mobil Sedan

”Biaya kuliah bukan masalah. Selain SPP gratis, para mahasiswa juga akan mendapat uang saku setiap bulan Rp 950 ribu, yang diterimakan setiap enam bulan sekali atau tiap semester,” kata Harini di Kampus Unpand, Jalan Banjarsari Barat No 1, Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Semarang, Jumat (31/3/2023).

Dengan beasiswa KIP-K, jelas dia, mahasiswa bebas biaya pendidikan dan mendapatkan uang saku sampai lulus. Dia berharap, kesempatan yang baik ini bisa dimanfaatkan para lulusan SMA tahun 2021, 2022, dan 2023, yang belum kuliah. ”Pendaftaran bisa lewat online atau offline langsung datang ke kampus,” ungkap dia.

Saat ini Unpand membuka dua fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi yang memiliki program studi S-1 Manajemen, S-1 Akuntansi, S-1 Kewirausahaan, dan D-3 Administrasi Bisnis, serta Fakultas Teknik yang memiliki program studi S-1 Arsitektur, S-1 Teknik Sipil, D-3 Teknik Mesin, dan D-3 Teknik Kimia.

”Silakan secepatnya mendaftar, agar tidak kehabisan kuota beasiswa KIP-K dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia,” tukas Harini.

Riyan