blank
Erick Thohir. Foto: pssi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyerahkan surat Presiden FIFA Gianni Infantino, kepada Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (31/3/2023). Erick sendiri juga telah melaporkan hasil pertemuannya dengan Gianni kepada Jokowi.

”Membaca surat tersebut, presiden menginstruksikan saya dua hal. Satu, segera membuat peta biru transformasi sepak bola Indonesia. Presiden menekankan, ini harus segera selesai, dan harus segera diberikan kepada FIFA,” ujar Erick, seusai bertemu dengan Presiden Jokowi.

Yang kedua, Jokowi meminta Erick untuk terus menjalin komunikasi dengan FIFA, agar Indonesia tetap menjadi bagian dari keluarga besar FIFA. Jokowi tidak ingin Indonesia dikucilkan dari peta sepakbola dunia.

BACA JUGA: Lapak Semarang Hebat Jadi Tempat Favorit Penggemar Merpati Kolong

Erick juga menyatakan, dirinya akan terus berusaha keras memastikan transformasi sepak bola Indonesia terjadi, bukan hanya wacana. Menteri BUMN ini juga akan bekerja keras, untuk kembali bernegosiasi kepada FIFA, menghindari sanksi yang bisa terjadi.

”Karena dari FIFA tentu mengharapkan hal ini tidak terjadi. Kalau dilihat dari suratnya jelas, bahwa FIFA mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia,” kata mantan Presiden Inter Milan itu.

Oleh karena itu, Erick saat ini sedang menunggu undangan FIFA, setelah mereka melakukan rapat FIFA Council.

Riyan