blank
Ilustrasi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tidak hanya orang tua saja, saat ini kopi mulai digemari oleh kalangan muda karena selain rasanya yang tidak terlalu manis, kopi juga memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh.

Menurut beberapa penelitian yang dilansir The Healthy, minum kopi setiap hari memang bisa menurunkan risiko penyakit kronis. Bahkan minum kopi adalah cara untuk melindungi otak dari penyakit demensia. Pun demikian, minum kopi setiap hari juga bisa berefek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dilansir dari Suara.com namun, jika mengonsumsi kopi terlalu sering, terdapat sejumlah efek samping yang ternyata dapat sangat merugikan tubuh, lho.

Dilansir dari laman Hellosehat.com, terdapat 7 efek samping dari konsumsi kopi terlalu sering, yaitu:

1. Mengalami Gangguan Tidur

Biasanya tujuan utama seseorang mengonsumsi kopi ialah ingin mengurangi rasa kantuk. Diketahui, kopi mengandung kafein yang dapat membantu menstimulasikan otak yang dapat membuat seseorang menjadi lebih fokus dan konsentrasi yang meningkat.

Namun, jika terlalu sering meminum kopi dapat menimbulkan gangguan tidur itu sendiri, seperti mengalami kesulitan tidur hingga insomnia.

2. Menimbulkan Masalah Pencernaan

Kafein yang terkandung dalam secangkir kopi dapat membuat katup kerongkongan bagian bawah melemah. Hal tersebut akan membuat katup tidak bisa menahan cairan lambung yang bersifat asam.

Jika dibiarkan terlalu sering mengonsumsi kopi, asam lambung akan naik dan menyebabkan sakit gastroesophageal reflux disease (GERD) hingga akhirnya mengalami masalah pencernaan.

3. Meningkatkan Pengeroposan Tulang

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan pengeluaran kalsium melalui urin, sehingga tubuh pun menjadi mudah kekurangan kalsium, akhirnya timbulah peningkatan risiko osteoporosis jika mengonsumsi kopi setiap saat.

4. Menimbulkan Kerusakan Gigi

Efek samping lainnya dari minum kopi terlalu sering ialah dapat menyerang gigi, seperti gigi menjadi kuning dan mudah berlubang.

Hal ini disebabkan kopi memiliki kandungan senyawa flavonoid dan tanin di mana kedua kandungan tersebut dapat meninggalkan noda dan kerusakan pada permukaan gigi.

5. Meningkatkan Risiko Kolesterol

Walaupun banyak orang berpendapat bahwa kopi tidak mengandung kolesterol dan tidak berpengaruh dengan kadar kolesterol, ternyata minyak yang terkandung dalam biji kopi, seperti kafestol dan kahweol dapat menimbulkan peningkatan pada kolesterol terutama kolesterol jahat.

Diketahui, zat berminyak dalam sebuah kopi dapat melumpuhkan kemampuan alami tubuh seseorang dalam menghilangkan kolesterol.

6. Menjadi Ketergantungan Kafein

Banyak orang mulai mengalami ketergantungan pada kafein, khususnya anak muda. Hal ini disebabkan karena mereka lebih senang bercengkerama bersama teman-temannya di sebuah cafe sehingga akhirnya tubuh terbiasa menerima adanya kafein.

Namun, jika sudah terlalu sering mengonsumsi kopi dan kecanduan kafein, seseorang akan mulai merasakan efek samping yang merugikan, seperti kekurangan tenaga, pikiran tak jernih, sulit konsentrasi hingga sering mengalami perubahan mood (mood swing).

7. Menimbulkan Rasa Cemas Berlebih

Merasa gelisah atau timbul rasa cemas yang berlebih merupakan dampak dari minum kopi setiap saat.

Hal ini disebabkan, kafein yang ada pada sebuah kopi dapat meningkatkan senyawa adenosin monofosfat skilik yang berkaitan dengan senyawa katekolamin dalam darah hingga akhirnya tubuh menimbulkan respons, seperti cemas dan ketakutan berlebih.

Itu dia 7 efek samping dari mengonsumsi kopi terlalu sering. Yuk, cobalah untuk mulai sayangi tubuhmu dengan cara mengurangi minuman berkafein perlahan!

Claudia