Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI, Widi Prasetijono saat menghadiri Rakor Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jateng. Foto: Dok/Pendam

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono menghadiri Rakor Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jateng tahun 2023, yang dipimpin Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jumat (31/3/2023).

Rakor Forkopimda tersebut digelar untuk menjaga terpeliharanya stabilitas dan kondusifitas wilayah Jateng, yang mengambil tema “Menjaga Kondusifitas Wilayah Jawa Tengah Menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 1444 H/2023 M”.

Ganjar menyampaikan, pada bulan suci Ramadan, terlebih mendekati perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, Provinsi Jateng diperkirakan akan dikunjungi banyak pemudik. Sebab Jateng merupakan lokasi tujuan mudik ke-2 setelah Jawa Timur.

Menurut Mayjen TNI Widi Prasetijono, tidak hanya masyarakat Muslim saja, namun masyarakat non-Muslim juga diperkirakan akan melaksanakan mudik, sebab semuanya mendapatkan cuti bersama.

“Setiap tahun yang ditunggu adalah mudik Hari Raya, baik yang Muslim hingga non-Muslim semuanya merayakannya, karena semua mendapatkan cuti Hari Raya,” ucap Pangdam.

Pangdam mengingatkan agar selama pelaksanaan mudik harus tetap safety, waspada dan peka terhadap lingkungan sekitar.

Menurutnya, melakukan deteksi dini, cegah dini, dan temu cepat, lapor cepat sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk mewaspadai perkembangan Gunung Merapi yang saat ini masih dalam status siaga.

Selain itu, untuk menambah keamanan dan kenyamanan Hari Raya Idul Fitri, sejauh ini Kodam IV/Diponegoro telah mengerahkan 3.620 personel dan menyiagakan 1.020 personel di masing masing satuan jajaran yang siap dikerahkan apabila sewaktu waktu dibutuhkan.

“Jajaran Kodam IV/Diponegoro akan selalu aktif memantau perkembangan situasi wilayah Jateng, termasuk menempatkan para Babinsa di tempat-tempat rawan. Jadi manakala sewaktu-waktu masyarakat membutuhkan, kami siap membantu,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan Rakor, Kapolda Jateng, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, Ketua DPRD Jateng, Bambang Kusriyanto, Ketua Pengadilan Tinggi Jateng, Setyawan Hartono, dan seluruh unsur Forkopimda Jateng lainnya.

Ning S