blank
Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda, melakukan kunjungan ke Kantor Bawaslu Kota Semarang belum lama ini.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI meminta seluruh Badan Pengawas Pemilu yang ada di setiap daerah untuk selalu menjaga kualitas dan meningkatkan integritas.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda, saat melakukan kunjungan ke Kantor Bawaslu Kota Semarang belum lama ini.

“Saya memastikan jajaran pengawas Pemilu di tingkat kabupaten/kota dapat bekerja on the track atau sesuai dengan standar operasional prosedur,” kata Herwyn yang menjabat sebagai Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu.

Dalam kunjungan tersebut, Herwyn ingin memastikan kesiapan jajaran pengawas di daerah dalam setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu berlangsung. Hal itu ditunjukkan salah satunya dengan melihat situasi kerja di Bawaslu Kota Semarang secara langsung.

“Berjalannya tahapan sudah semakin kencang, kami ingin memastikan jajaran pengawas di Bawaslu Kota Semarang bekerja on track sesuai dengan standar prosedur,” katanya.

Selain kesigapan pengawas Pemilu, strategi pengawasan di tingkat kabupaten/kota juga menjadi fokus diskusi.

Pria kelahiran Passo, Minahasa Provinsi Sulawesi Utara tersebut memastikan strategi pengawasan yang sudah dijalankan pada beberapa tahapan penyelenggaraan pemilu yang sudah berlangsung telah dijalankan secara tuntas, khususnya dalam tahapan pencocokan dan penelitian.

Herwyn meminta agar jajaran pengawas dapat mendokumentasikan dan mencatat setiap kerja kelembagaan yang ada secara lengkap.

“Pastikan segala hasil pengawasan dan temuan sudah tercatat dengan baik agar menjadi bukti kuat supaya perbaikan data kedepan dapat terakomodasi,” terangnya.

Dalam kunjungannya, Herwyn juga menyinggung kesiapan Bawaslu Kota Semarang dalam perencanaan anggaran Pilkada yang sudah mulai disusun pada pertengahan tahun ini.

Pihaknya menekankan kepada Bawaslu Kabupaten/Kota agar lebih selektif dalam mengalokasikan anggaran agar terserap secara tepat guna.

“Mulai merencanakan kebutuhan anggaran secara bijak dan sesuai dengan acuan yang ada karena Pemerintah Daerah sudah mulai membuka opsi usulan anggaran Pilkada 2024, bangun komunikasi secara baik,” tegas Herwyn.

Terkait pengelolaan sumber daya manusia aparatur pengawas, Herwyn juga memastikan agar koordinasi dengan jajaran pengawas Ad Hoc selalu dibangun komunikasi secara dua arah.

Bagi Herwyn tidak hanya instruksi tapi berikan kesempatan jajaran Ad Hoc juga menyampaikan aspirasi cara kerja yang tepat.

Selain itu, pihaknya juga menegaskan bahwa kualitas SDM baik staf hingga atasan harus ditingkatkan khususnya dalam memahami berbagai aturan hukum dalam menghadapi tahapan.

Bagi Herwyn menciptakan forum dua arah antara pimpinan dan staf untuk mendiskusikan kebijakan sangatlah penting agar memiliki kesepahaman.

“Jaga integritas dan tingkatkan kualitas SDM dalam mengawal demokrasi di Kota Semarang,” harap Herwyn yang dibubuhkan dalam sebuah kertas pigura.

Pada akhir kunjunganya pihaknya meninggalkan sebuah pesan motivasi kepada jajaran pengawas dalam sebuah kertas yang tertanda tangani sebagai cinderamata.

Hery Priyono