blank
Anak-anak penghuni Panti Asuhan Anak Al Amanah, terlihat malu-malu, saat berbincang dengan Ganjar Pranowo. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pengasuh dan anak-anak penghuni Panti Asuhan Anak Al Amanah, di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Semarang, tak menyangka mendapat tamu istimewa menjelang buka puasa, Senin (27/3/2023).

Apalagi tamu istimewa itu adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Tentu saja, kedatangan orang nomor satu di provinsi ini, membuat anak-anak dan pengurus panti asuhan senang.

”Kami sangat senang sekali, karena juga mendadak. Tidak pernah bermimpi dikunjungi Pak Ganjar. Sangat senang sekali dan sangat berarti, kehormatan bagi kami bisa kedatangan Gubernur Jateng,” ujar Syamsudin, pengasuh PA Al Amanah.

BACA JUGA: Bupati Serahkan LKPJ Akhir Tahun APBD 2022 ke DPRD Blora

Diceritakannya, awalnya dia mendapatkan kabar akan ada orang dari Pemerintah Provinsi Jateng yang akan berkunjung ke tempatnya. Untuk itu dia diminta menyiapkan anak-anak di panti asuhan.

”Baru pertama kali ini gubernur ke sini. Tidak menyangka sama sekali, kalau yang akan datang itu Pak Ganjar. Tadi cuma diberitahu akan ada yang datang. Istilahnya pemberitahuan kalau Pak Ganjar datang itu nggak ada, hanya tadi diminta menyiapkan anak-anak, karena ada yang mau datang. Itu saja,” ujarnya.

Memang benar, sore itu setelah Shalat Ashar, ada staf dari Pemprov Jateng yang datang ke panti asuhan. Syamsudin tidak diberitahu, kalau Gubernur Ganjar Pranowo yang akan datang. Saat itu, sebanyak 32 anak penghuni panti asuhan sudah berada di aula, yang terletak di lantai dua.

BACA JUGA: KPU Kudus Sosialisasikan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu 2024

Syamsudin terkejut, ketika melihat sosok Ganjar Pranowo yang mengayuh sepeda, tiba di halaman panti asuhan. Dia pun langsung menyambut Ganjar. Sesaat kemudian, iringan musik rebana yang dimainkan anak-anak panti asuhan langsung menggema.

Setelah menanggalkan helm dan sepatu gowes, Ganjar langsung naik ke lantai dua. Wajah anak-anak pun tampak sangat bahagia, begitu melihat sosok Ganjar Pranowo di depannya. Mereka kemudian berbincang dan bercanda dengan Ganjar.

”Tadi Pak Ganjar ketemu sama anak-anak, ngobrol sama anak-anak, ditanyai satu-satu. Panti ini mulai dari tahun 2018 sampai sekarang. Ada 32 anak putera-puteri, mulai anak usia SD sampai SMA. Alhamdulillah, ada satu yang kuliah dan satu minggu lalu sudah wisuda. Mudah-mudahan bisa mandiri,” jelasnya.

BACA JUGA: 6.000 Guru TPQ di Kebumen, Sebagian Besar Terima Insentif Rp 600.000

Syamsudin berharap, kedatangan Ganjar itu dapat memotivasi kepada anak-anak, agar rajin belajar. Dia juga berharap, Panti Asuhan Al Amanah lebih dikenal masyarakat, dan lebih banyak orang dermawan yang perhatian terhadap anak-anak panti.

Sementara itu, Ganjar menyampaikan, bersilaturahmi dan bertemu dengan anak-anak panti asuhan pada bulan Ramadan, merupakan kebahagian baginya. Bahkan, tidak hanya penghuni panti, dalam kesempatan itu dia juga dapat menyapa masyarakat sekitar.

”Ini merupakan kebahagiaan di bulan Ramadan. Bisa bersilaturahmi, bertemu kelompok masyarakat, dan melihat anak-anak senang, anak-anak ceria di bulan Ramadan. Sedikit bisa berbagi tentu akan membikin bahagia. Kita ikut senang saja, melihat anak-anak juga senang. Itulah cara kami, bisa rukun, bisa guyub,” ungkap Ganjar.

Riyan