blank
Sebuah speedaboat membawa wisatawan keliling waduk selama sekitar 15 menit. Foto: Widiyartono R.

Maka, sebelum naik penumpang pun harus memasang pelampung itu di tubuhnya. Baru kemudian turun ke dermaga, dan naik perahu yang siap memberikan sensasi bagi wisatawan. Mesin perahu mulai menderum, dan melesatlah menuju ke tengah. Pemandangan indah bisa dinikmati, di antaranya keberadaan jembatan ikonik berwarna merah yang menghubungkan gerbang dan pelataran destinasi wisata Gua Kreo menuju gua yang menjadi petilasan Kanjeng Sunan Kalijaga.

“Sebuah sensasi yang mengesankan. Naik perahu motor berkeliling waduk, sangat memacu adrenalin. Pengemudi sering melakukan atraksi seperti membelokkan perahu dengan tajam, sehingga seluruh penumpang berteriak,” ujar Endah, wisatawan asal Bandung yang sedang berlibur di Semarang.

Perahu melaju berkeliling, dan pengemudi menghentikan perahunya persis di dekat jembatan ikonik itu. “Silakan foto dulu dengan latar belakang jembatan ini. Silakan bergaya saya ambil fotonya,” kata Ismanto.

Berwisata menggunakan perahu wisata di Waduk Jatibarang, memang sebuah sensasi dengan pengalaman yang mengesankan. Terlebih, pengemudia berkali-kali beratraksi dengan meliukkan perahunya, yang selalu membuat penumpang serentak berteriak, dan adrenalin pun terlepas….

Ekonomi Bergerak

Melajunya perahu motor mengelilingi Waduk Jatibarang sudah pasti memberikan optimisme bagi warga, dan menjadikan perekonomian di wilayah itu bangkit.