blank
Percepatan penanganan bencana longsor di Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, dilakukan dengan mendatangkan alat berat. Demikian halnya, Sabtu hari ini (25/3), alat berat juga didatangkan ke lokasi longsor di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri.(Dok.BPBD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri, Ir Prihadi Ariyanto MT, mengatakan, Sabtu hari ini (25/3), mengirimkan bantuan alat berat untuk langkah percepatan penanganan bencana tanah longsor di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri. ”Ya ada permintaan bantuan alat berat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri Trias Budiono, Sabtu hari ini (25/3), mengirimkan tim ke lokasi bencana tanah longsor sekaligus membawa bantuan logistik. Tim BPBD dipimpin Kasi Darurat Logistik (Darlog) Yatino.

Kasi Darlog, Yatino, mengatakan, bencana tanah longsor sebelumnya juga terjadi di Desa Sendangsari dan Tegiri di Kecamatan Batuwarno serta di Desa Wiroko, Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri.

Penanganan tanah longsor di Kecamatan Batuwarno, hari ini masih berlanjut, dikoordinasikan dengan pihak desa dan kecamatan. Warga terdampak diberikan bantuan logistik. Untuk yang di Desa Wiroko, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri, bencana longsor berdampak robohnya rumpun bambu ke badan jalan, dan langsung sudah ditangani sehingga hubungan darat kembali lancar.

Seperti diberitakan kemarin, dua akses jalan di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, terputus oleh bencana tanah longsor. Kejadiannya berlangsung Jumat (24/3), bersamaan dengan turunnya hujan deras dalam tepo yang lama.

Camat Bulukerto, Djuwariah, menyatakan, setidak-tidaknya bencana tanah longsor di Desa Conto terjadi di 5 titik. Dua diantaranya di Dusun Nglarangan, berikut di Jalan Jenggrik, Jalan Genting dan di kandang ternak milik Ridi.

Babinsa Desa Conto Koramil-21/Bulukerto, Koptu Edi Purwanto melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, Sabtu (25/3) hari ini akan dilakukan kerja bakti gotong royong bersama unsur Polri, perangkat dan masyarakat di lokasi longsor. Melalui koordinasi dengan perangkat desa, penanganan longsor di salah satu titik memerlukan bantuan alat berat.

Bambang Pur