blank
Babinsa Serka Ali (tengah) dari Koramil-10 Wuryanoto Kodim 0728 Wonogiri, proaktif memberikan pendampingan pada pelayanan di Posyandu Balita di Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Langkah percepatan penurunan stunting demi tercapainya generasi penerus bangsa yang unggul, dilaksanakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bersama mitra di Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Danramil-10/Wuryantoro Kapten (Cpl) Eko Joko melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, dalam kegiatan tersebut Babinsa Serka Ali Imran ikut serta melakukan pendampingan. Utamanya pendapingan kegiatan Filantropi Sosial pemberian Omega-3 berbasis tanaman Sancha Inchi. Ini dilakukan dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Kegiatan tersebut, merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan Bidan Desa, bersama Ibu-ibu kader PKK yang ditugaskan membantu untuk mengontrol kesehatan Balita dan Ibu hamil di Desa Sumberejo.

Babinsa Serka Ali, menyatakan, pendampingan yang dilakukan, sebagai wujud pelaksanaan tugas kewilayahan dalam ikut serta membantu kelancaran pelayanan terhadap masyarakat.

Sebagai Babinsa, kata Serka Ali, senantiasa siap mendukung sepenuhnya demi kelancaran pemberian pelayanan kepada masyarakat. Termasuk pada kegiatan imunisasi Balita sebagai pelaksanaan program pemerintah, dalam menciptakan anak yang sehat, bebas stunting, demi tercapainya generasi penerus bangsa yang unggul.

Selaku Ketua PKK, Suanarsih, menyatakan, peran keikutsertaan personel Babinsa di tengah-tengah para petugas kesehatan tersebut, sekaligus untuk mendukung suksesnya pelayanan Posyandu Balita.

Pelayanan di Posyandu Balita meliputi penimbangan berat badan Balita, Imunisasi, pemberian vitamin, serta asupan makanan tambahan. Juga dilakukan pemeriksaan kesehatan ibu hamil. Ini sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Bambang Pur