blank
Para atlet yang mengikuti character building, mendengar arahan dari Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, sambil tetap membawa makanan hasil olahannya. Foto: koni

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Para atlet yang tergabung dalam Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Jawa Tengah, menjalani character building (pembangunan karakter), di Resimen Inti Kodam (Rindam) IV/Diponegoro, Magelang.

Mulai Jumat-Minggu (17-19/3/2023), sebanyak 452 atlet beserta 113 pelatih, digembleng di lapangan terbuka, maupun di semak-semak perkebunan sekitar Kota dan Kabupaten Magelang.

Para atlet dan pelatih peserta character building, dilepas Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dari halaman Kantor Gubernur, Jumat (17/3/2023) pagi. Mereka dipimpin Ketua Panitia Mugiyo Hartono, beserta panitia lain, Dustamat Jayawiguna, Agus Raharjo, Agus Supriyadi, Rudy Dwi Tjahyanto, M Bagus Faturahman dan Irwan P Cahyono.

BACA JUGA: Suplai dan Harga Pangan Dipastikan Aman Selama Ramadan

Setibanya di Rindam, mereka diterima Komandan Rindam, Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri. Nantinya, dalam pemberian materi pelajaran diasuh Kolonel Inf Marwan Supriyanto, Lettu Inf Suroto, Peltu Saefudin, Letda Inf Pomo, Letda CZi Mudakir, Letda Arm Mustakim, Kapten Inf Hadi Suyanto, Letda Inf Catur, Kapten Inf Tri Wahyono.

Para atlet dan pelatih, selama tiga hari menjalani materi pelajaran/latihan PBB/PPM, wawasan kebangsaan, outbound, survival, caraka malam, kebulatan tekad, TUS, dan kedisiplinan.

Menyaksikan keseriusan para atlet, Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, merasa terharu. Dia memuji semangat para peserta atau atlet, yang sedang diuji mentalnya oleh para tentara.

BACA JUGA: Menonton Kera Panjat Pinang di Gua Kreo Menikmati Sega Kethek dan Panorama Waduk Jatibarang

Pada Sabtu (18/3/2023) siang, Bona memang hadir di lokasi latihan. Kebetulan saat itu para atlet sedang dilatih survival di semak-semak pekarangan. Di sana diajarkan bagaimana mereka bertahan dalam keterbatasan makanan, sehingga apa saja boleh dimakan, termasuk katak dan hewan lain.

”Saya bangga dan kagum atas semangat kalian. Semoga ini akan menambah motivasi dan semangat berlatih dan bertanding ke depan,” harap Bona, di hadapan para atlet.

Dan Minggu sore lalu, para atlet telah kembali ke Semarang. ”Alhamdulillah, kegiatan character building selama tiga hari di Rindam Magelang yang melibatkan 452 orang telah selesai. Atas doa semuanya, acara lancar dan semua sehat. Sore tadi jam 17.00 WIB, rombongan peserta dan panitia dengan sembilan bus sudah tiba di Jatidiri,” ungkap Mugiyo dalam keterangannya.

Riyan