blank
Ilustrasi makanan dan minuman yang wajib dihindari saat sahur. Foto: Dok/Celebrities.id/Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Agar ibadah puasa Ramadan kamu lancar, ada makanan dan minuman yang wajib dihindari saat kamu sahur.

Hal tersebut perlu diperhatikan dan harus dilakukan supaya seseorang tidak mudah haus atau lemas saat menjalankan ibadah puasa. Disarankan selama bulan puasa, khususnya saat sahur, kamu harus menghindari makanan dan minuman yang mengganggu kesehatan.

Melansir dari celebrities.id (dari berbagai sumber), ada 11 makanan dan minuman yang wajib dihindari saat sahur.

1. Makanan berlemak

Makanan berlemak bisa menyebabkan kegemukan dan gangguan pencernaan, serta nyeri di ulu hati. Selain itu, makanan yang banyak mengandung lemak juga membuat perut kita cepat kenyang, sehingga makanan lain yang lebih bernutrisi tidak termakan.

Disarankan untuk menu makanan sahur yang memiliki akan serat, dan karbohidrat, karena sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan makanan-makanan tersebut dapat membantu melepaskan energi secara perlahan selama berjam-jam, yaitu saat berpuasa.

Makanan dengan karbohidrat dan protein yang tinggi bisa kamu temukan di dalam gandum, oat, kacang-kacangan, ikan, kacang hijau, buah-buahan, dan sayuran lainnya.

2. Banyak mengandung merica dan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas saat berpuasa bisa merusak dinding lambung. Khususnya kamu yang mempunyai masalah dengan lambung, sebaiknya hindari makanan jenis ini. Agar lambung tidak kaget, berbukalah dengan makanan ringan terlebih dahulu.

Jangan langsung makan makanan berat karena itu bisa membuat pencernaan kita kaget karena harus langsung bekerja mencerna makanan setelah beristirahat bekerja sepanjang hari. Jangan lupa, biasakan untuk mengunyah makanan dengan baik karena bisa membantu meringankan kerja pencernaan.

3. Gorengan

Tak jarang saat sahur sebagian ada yang menyantap gorengan sebagai salah satu menu makanannya. Tapi tahukah kamu bahwa gorengan tidak dianjurkan dimakan saat sahur.

Makanan yang digoreng dengan minyak yang tidak sehat, bisa memicu keluarnya asam lambung. Maka, hindari memakan gorengan saat berbuka puasa, karena saat berpuasa perut sangat sensitif. Hal ini membuat asam lambung dapat meningkat dengan cepat.

4. Keju dan coklat
Kedua makanan ini termasuk makanan yang sulit dicerna. Mengkonsumsi makanan ini, bisa membuat lambung kita lambat untuk memprosesnya, sehingga menyebabkan perut bisa menjadi kembung.