blank
Ilustrasi makanan dan minuman yang wajib dihindari saat sahur. Foto: Dok/Celebrities.id/Freepik

5. Kopi dan teh
Perlu diingat, kandungan kafein pada kopi dan teh sangat tidak baik untuk lambung. Apalagi dikonsumsi saat sahur, lebih baik kamu menghindarinya.

Saat berpuasa, lambung kamu tidak terisi lebih dari 14 jam. Secara otomatis asam lambung akan meningkat. Hal ini tentu akan membuat kamu merasa mual. Oleh karena itu hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh.

6. Makanan manis

Meski gula bisa membantu menambah energi, namun perlu diingat saat kamu sahur tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang terlalu manis rasanya. Ini karena makanan manis cenderung tinggi kalori, namun rendah nutrisi.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis justru akan membuat tenggorokan terasa kering. Selain merasa haus, mengkonsumsi gula secara berlebihan juga akan membuat perut terasa kembung.

Sebaiknya, batasi asupan gula saat makan sahur. Konsumsilah maksimal satu gelas minuman manis saat sahur. Pastikan makanan yang kamu konsumsi tidak mengandung banyak gula agar tubuh tetap bugar sepanjang hari.

7. Junk Food

Makanan siap saji atau junk food juga termasuk yang perlu dihindari dikonsumsi saat sahur. Meskipun rasanya sangat lezat, namun sebaiknya dihindari saja.

Makanan cepat saji tidak memiliki cukup nutrisi yang diperlukan tubuh. Kamu hanya akan merasa kenyang sesaat dengan mengkonsumsi makanan tersebut saat sahur.

8. Seledri

Beberapa jenis makanan biasanya akan disematkan seledri sebagai penyedap rasa. Jika kamu terbiasa mengkonsumsi sayuran tersebut, cobalah untuk tak memakannya saat sahur.

Seledri tak ubahnya mentimun dan semangka yang merupakan diuretik alami. Bila kamu tak mengindahkannya, siap-siap saja dehidrasi karena kamu akan selalu buang air selama puasa.

9. Makanan kemasan

Hindarilah menelan makanan kemasan saat sahur. Dijelaskan para ahli kesehatan, tingginya kandungan garam dalam makanan kemasan dapat mengikat suplai cairan di dalam tubuh kamu, yang pada akhirnya membuat kamu jadi cepat haus.

10. Daging

Daging yang berkadar lemak tinggi atau makanan yang digoreng membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Jika kamu tetap bersikeras mengkonsumsi makanan tersebut saat sahur, jangan kaget jika selama berpuasa perut kamu akan terasa tak nyaman.

11. Makanan tinggi garam

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin seperti keripik, saus, dan daging olahan dapat menarik air dari sel tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Selain itu, karena frekuensi berkeringat lebih banyak selama musim panas, natrium dan air yang berlebihan dapat hilang dari tubuh.

Hindari makanan asin untuk mencegah dehidrasi, tapi jangan hindari semua karena natrium juga diperlukan untuk memulihkan keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit total tubuh.

Ning Suparningsih