blank
Buah kurma yang banyak bermanfaat untuk ibu hamil. Foto: Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Keistimewaan Bulan Ramadan membawa umat Islam begitu merindukan bulan nan suci ini termasuk melakukan ibadah puasa. Berikut amalan sunnah buka puasa yang bisa kalian lakukan selama sebulan penuh.

Saat buka puasa, sebaiknya konsumsi makanan yang sehat agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Dulansir dari Suara.com mulai dari telur, ikan, kurma, hingga pisang, ini semua menjadi makanan sehat yang bisa dikonsumsi saat berbuka

Merangkum NU Online, setidaknya ada 10 amalan sunnah di bulan Ramadan, berikut kami rangkum khusus amalan yang sunnah dilakukan saat berbuka saja. Yuk simak!

Baca Juga: Ramadan Sebentar Lagi, Yuk Simak 5 Tips Aman Berpuasa bagi Ibu Hamil

1. Tidak menunda berbuka

Orang yang berpuasa harus segera berbuka ketika magrib tiba. Mereka tak boleh menunda berbuka dan sebaiknya membatalkan puasa dengan air putih atau buah kurma.

2. Makan buah kurma

Ya, makan buah kurma ketika buka puasa adalah sunnah, dan sebaiknya makan buah kurma dalam jumlah ganjil atau setidaknya air putih tiga tegukan untuk membatalkan puasa. Dengan begitu kita sudah melakukan amalan yang baik.

3. Baca doa saat berbuka

Membaca doa berbuka puasa adalah sunnah hukumnya. Berikut doa yang kerap dibaca:

“Allahumma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin.”

Baca Juga: Dapat Mencegah Asam Lambung saat Berpuasa, Ini 4 Manfaat Madu

Artinya: “Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dengan rizqi-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mua, wahai Dzat yang Maha Penyayang”.

Atau bisa juga membaca doa yang pernah diajarkan Nabi Muhammad SAW dalam kitab al-Fiqh’ala al-Madzahib al-Arba’ah (Juz 1:464).

Ya Allah bagi-Mu aku berpuasa, atas rizki-Mu aku berbuka, dan kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakkal. Telah hilang dahaga, dan telah basah tenggorokan, dan semua tetaplah pahala puasa, insya Allah Taala.

Duhai yang Maha luas Anugerah-Nya, berikanlah ampunan bagiku. Segala puji bagi Allah yang telah menolongku sehingga aku berpuasa dan yang telah memberikan rizki kepadaku sehingga aku bisa berbuka.”

4. Mendirikan sholat magrib

Setelah membatalkan puasa, segeralah melakukan sholat magrib. Usai menjalankan ibadah wajib tersebut, baru kemudian makan besar. Hal ini dilakukan agar sholat tak tertunda.

Baca Juga: Benarkah Menelan Ludah Dapat Membatalkan Puasa? Yuk Simak…

5. Tidak makan dan minum berlebihan

Ketika berpuasa, kita cenderung ingin memakan apa saja karena perut dalam keadaan kosong, namun ketahuilah bahwa Allah tak suka dengan orang seperti itu.

Makan dan minum secukupnya dan jangan menyisakan makanan hingga menjadi mubazir. Hal ini seusia dengan surah Al Araf ayat 31 yang berbunyi:

Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus setiap masuk masjid, makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

Demikian amalan sunnah buka puasa yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber. Apakah kalian sudah tak sabar menanti bulan Ramadan?

Claudia