blank
Ilustrasi Ibu Hamil. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)-  Ibu hamil sejatinya mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa dengan menggantinya di hari lain. Sebab, berpuasa saat sedang hamil bukan perkara yang mudah.

Apabila ibu hamil tetap ingin mencoba untuk berpuasa, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan atau bidan.

Pasalnya ibu hamil harus menjaga asupan nutrisi dan gizi untuk menunjang kesehatan ibu dan janin yang ada di dalam kandungan. Lalu, ada gak sih tips puasa aman untuk ibu hamil?

Baca Juga: Dapat Mencegah Asam Lambung saat Berpuasa, Ini 4 Manfaat Madu

Bila ibu diperbolehkan berpuasa, perhatikan 5 hal penting berikut ini yang aman untuk ibu hamil ketika akan berpuasa, seperti dikutip dari Suara.com.

1. Minum Air Putih yang Banyak

Memenuhi cairan kebutuhan tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Setidaknya minum 2-3 liter perhari guna mencukupi kebutuhan cairan ibu dan janin.

2. Hindari Makanan Manis

Ketika di waktu sahur sebaiknya ibu hamil menghindari makanan yang manis karena akan merangsang hormon insulin, sehingga ibu bisa cepat lemas dan mudah lapar.

3. Menjaga Kebutuhan Serat

Kebutuhan serat bagi ibu hamil pun harus terpenuhi dan terjaga dengan baik agar terhindar dari masalah kesehatan pencernaan. Selain itu, serat yang terdapat pada sayuran dan buah juga mampu menjaga vitalitas ibu hamil selama berpuasa.

Baca Juga: Benarkah Menelan Ludah Dapat Membatalkan Puasa? Yuk Simak…

4. Konsumsi Protein dan Karbohidrat Kompleks

Agar ibu hamil terhindar dari lemas dan cepat lapar, ibu bisa mengonsumsi protein, karbohidrat kompleks dan lemak dalam jumlah yang cukup. Jenis zat gizi tersebut bisa bertahan lebih lama sehingga dapat membuat ibu kenyang lebih lama.

5. Hindari Air Dingin

Saat waktu berbuka alangkah baiknya untuk menghindari air dingin. Hal ini dapat memicu terjadinya asam lambung. Ibu bisa mengonsumsi air putih atau minuman manis hangat serta buah-buahan segar seperti semangka atau melon.

Perlu diingat, apabila ibu hamil sudah merasa tidak sanggup berpuasa dan mengalami dehidrasi, sebaiknya segera batalkan puasa demi keselamatan dan kesehatan. Itulah tips puasa aman untuk ibu hamil. Selamat mencoba!

Claudia