blank
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memberi bantuan warga terdampak erupsi merapi. Foto: Dok/Bidhumas

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi memerintahkan Satbrimobda untuk menyiapkan suplai air bersih bagi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Merapi.

Hal itu sebagai tindak lanjut adanya keluhan warga yang disampaikan kepada Kapolda saat meninjau sejumlah lokasi yang terdampak erupsi di Boyolali dan Kabupaten Magelang, Kamis (16/3/2023).

Usai menerima sejumlah keluhan warga, Kapolda menyatakan akan berupaya maksimal untuk membantu warga terdampak, termasuk pemulihan lahan pertanian pasca erupsi Gunung Merapi

“Saat ini saya berkesempatan mengunjungi dua wilayah terdampak, yaitu Boyolali, dan Magelang. Ternyata problemnya hampir sama, yaitu kesulitan pakan ternak dan pertanian dampak dari abu vulkanik. Saya sudah berkoordinasi dengan dinas peternakan dan pertanian, baik kabupaten maupun Provinsi untuk akselerasi guna percepatan bantuan,” kata Luthfi.

Sementara Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudussy yang mendampingi Kapolda mengungkapkan, pemberian bantuan dan water treatment saat ini amat dibutuhkan warga.

“Water treatment dilakukan pada tanaman petani serta rumput untuk pakan ternak yang terkena abu. Ini jadi prioritas karena petani cabai saat menjelang panen raya. Selain itu, water treatment juga dilakukan untuk membersihkan abu vulkanis. Dengan menggunakan rantis Water Canon, dilakukan penyemprotan pada sejumlah pemukiman dan jalan umum agar bersih dari abu vulkanis merapi,” kata Iqbal.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut, Kapolda menyerahkan sejumlah bantuan kemanusiaan pada perwakilan masyarakat sekitar yang terdampak. Bantuan serupa juga telah diserahkan melalui Polres jajaran yang terkena dampak erupsi.

“Sebagai langkah kontijensi paska erupsi Merapi, Polda Jateng menggelar Operasi Aman Nusa II pada 12 Maret lalu yang pelaksanaannya dilakukan secara sinergi dengan stakeholder terkait,” ujarnya.

Selain suplai air bersih, melalui operasi tersebut berbagai bantuan juga telah diserahkan diantaranya berupa layanan kesehatan, bahan kebutuhan pokok, tenda pengungsian, dapur umum, dan lainnya.

“Terimakasih kepada Kapolda Jawa Tengah atas kunjungan dan peninjauan langsung ke lokasi bencana.  Kami melihat Polresta Magelang Polda Jateng hadir dengan cepat dan tanggap membantu ke daerah bencana,” ujar Supri Cobra relawan Guruh Merapi.

Ning Suparningsih