blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Bulan Syakban, atau Ruwah dalam penanggalan Jawa, merupakan momentum penguat ingatan pada jasa kedua orang tua. Dengan momentum itu, seorang anak hendaknya melakukan setidaknya empat hal untuk orang tuanya yang telah meninggal dunia.
Hal tersebut dikatakan K.H. Muhammad Dlofir saat memberi mauizah khazanah pada pengajian dalam rangka Ruwahan Massal di Musala Nurul Iman, Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, pada Kamis malam (16/3/2023).
Keempat hal yang tersebut adalah memintakan ampunan orang tua yang tela meninggal, membacakan Al-Qur’an, bersedekah termasuk dengan makanan atas nama kedua orang tua, serta mendatangkan sanak kerabat untuk mendoakan.
Ketua RT 2 RW 3 Desa Suwawal Slamet Riyadi mengatakan, pengajian ini diselenggarakan Ikatan Pemuda (Ikada) dan PKK Sido Rukun RT 2 RW 3 Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo.
“Pembiayaan dari kas pemuda, PKK, dan bekerja sama dengan seluruh jamaah musala,” kata Slamet Riyadi.
Ketua Panitia Ahmad Khoirudin mengatakan, kegiatan ini digelar untuk menjaga tradisi Jawa mendoakan orang tua yang telah meninggal.
Kamituwo Demeling Rozaq menyampaikan terima kasih atas kegiatan-kegiatan positif lingkungan setempat. Dia meminta dukungan warga untuk menyukseskan lomba desa karena Suwawal maju ke tingkat kabupaten.
Akl