blank
Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo melakukan penanaman Mangrove, di Dukuh Kaliuntu Desa  Pasarbanggi, Kecamatan / Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kamis, 16 Maret 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

REMBANG (SUARABARU.ID) – Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan penanaman mangrove dan pemasangan tetrapod dari faba untuk menangani kerusakan pantai, Dukuh Kaliuntu Desa Pasarbanggi, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kamis, 16 Maret 2023.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo menjelaskan, PLN peduli, magrovisasi Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) ini dimaksudkan untuk memperkuat alam. “Dengan adanya perubahan iklim bumi memanas maka terjadi namiasi level raising, kemudian dilengkapi dengan abrasi,” kata Darmawan.

Pihaknya melihat upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini luar biasa. “Kepemimpinan Gubernur Ganjar membangun strategi baik itu penanaman mangrove, pembuatan tanggul, menggerakkan masyarakat. Dan kami bekerja sama dengan berbagai pihak di Jawa Tengah, koordinasi dengan Pemprov Jateng, disini kita melakukan penanaman Mangrove,” jelas Darmawan Prasodjo.

Yang semula, lanjut Darmawan Prasodjo, penanaman di lahan seluas 2 hektar, nanti naik menjadi 5 hektar, 10 hektar sampai kemudian 100 hektar sebagai proyek percontohan. Lebih lanjut, Darmawan Prasodjo  menjelaskan PLN juga membangun suatu teknologi yakni membangun tetrapod, adalah suatu infrastruktur untuk menahan terjangan gelombang dari ombak, kemudian bas beton.

“Bahan dibuat dari limbah PLTU yakni fly ash dan bottom ash (FABA), akan diuji coba sepanjang satu setengan kilometer di pantai ini, adanya kerja sama PLN dengan Pemprov, sesuai visi misi Jawa Tengah,” ungkap Darmawan Prasodjo.