Ilustrasi tetap bugar selama Ramadhan. Foto: Dok/gayahidup.dreamers.id

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Puasa Ramadhan tinggal hitungan hari. Seluruh umat Islam tentu sudah bersiap untuk menjalankan puasa yang kehadirannya sudah ditunggu-tunggu umat muslim.

Beberapa tips puasa sehat yang dapat membantu kamu mengarungi bulan Ramadhan adalah dengan minum yang cukup, jangan kalap saat berbuka, mengkonsumsi protein, hingga melakukan olahraga ringan.

Melansir dari SehatQ, kesehatan adalah faktor penting untuk menjalani sebulan penuh puasa Ramadhan. Tubuh yang tidak fit atau sakit tentunya dapat mengganggu jalannya ibadah wajib ini. Supaya tetap sehat dan bugar, ada beberapa tips puasa sehat yang perlu kamu lakukan.

Tips puasa sehat
1. Minum air putih yang cukup
Cobalah untuk memenuhi asupan air putih kamu dengan baik di luar waktu puasa. Kamu bisa minum air putih saat berbuka, sahur, dan diantara keduanya.

Orang dewasa dianjurkan untuk minum 2 liter air putih supaya tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini juga bermanfaat untuk mengatasi lemas saat puasa.

2. Hindari bermalas-malasan
Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan, khususnya bagi kamu yang berada di rumah.

Para ahli bahkan menyarankan untuk tetap jalan kaki di sekitar rumah atau bermeditasi agar puasa tetap fit. Tidak hanya baik untuk tubuh, aktivitas fisik yang tidak terlalu berat ini bisa membantu kamu melupakan rasa lapar.

Namun, jangan gunakan terlalu banyak energi selama melakukannya, supaya kamu kuat menjalani puasa sampai Maghrib.

3. Jangan kalap saat berbuka puasa
Banyak orang yang makan secara berlebihan saat berbuka puasa. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena bisa membuat perut merasa kembung, kelelahan, hingga ngantuk setelah makan.

Cara terbaik untuk berbuka puasa adalah melahap makanan secukupnya supaya tubuh kamu tidak ‘kaget’. Tips puasa sehat ini sebaiknya kamu terapkan setiap berbuka puasa.

4. Mengkonsumsi protein
Asupan kalori tubuh umumnya berkurang saat berpuasa. Hal ini bisa menyebabkan otot-otot tubuh menyusut.

Kamu bisa mensiasatinya dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi sebagai tips berpuasa. Konsumsi makanan berprotein tinggi selama sahur dan buka puasa dinilai mampu mengurangi penyusutan otot saat puasa.

Ada banyak makanan berprotein tinggi yang bisa kamu konsumsi, seperti edamame (9 gram protein per satu cangkir), dada ayam (27 gram protein), hingga Greek yogurt (11 gram protein).