blank
Seminar Ekonomi pada Harlah ke-6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAINU Kebumen, Sabtu 11/3.(Foto:SB/Humas IAINU Kebumen)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Berbagai kegiatan meramaikan peringatan Hari Kelahiran (Harlah) yang keenam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, Sabtu (11/3).

Serangkaian kegiatan berlangsung di Gedung Auditorium (IAINU) Kebumen di Jalan Tentara Pelajar dengan mengusung tema “Penguatan Eksistensi dan Sinergi Menuju FEBI yang Berintegritas” . Di antaranya seminar ekonomi dan kompetensi rencana bisnis atau busines plan competition mahasiswa.

Menurut Gus Syaifullah selaku Gubernur Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) FEBI IAINU Kebumen, acara Harlah ke-6 ini diselenggarakan oleh Dema Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Kegiatan tersebut diawali Seminar Ekonomi. Mengundang peserta perwakilan siswa dari MAN 1, MAN 2, MAN 3 dan MAN 4 Kebumen, SMK Maarif 1-9 Kebumen, dan MA serta SMK lainnya di Kebumen.

Panitia juga mengundang mahasiswa dari berbagai angkatan dan perwakilan organisasi kemahasiswaan UKM IAINU Kebumen, serta perwakilan BEM Kampus se Kebumen.

blank
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen Mukhsinun memberi sambutan pada Harlah ke-6, Sabtu 11/3.(Foto:SB/Humas IAINU Kebumen).

Dekan FEBI IAINU Kebumen Mukhsinun SHI MEI dalam sambutannya menuturkan, tujuan kegiatan tersebut yakni diseminasi FEBI IAINU Kebumen yang terdiri dari Program Studi S1 Perbankan Syariah dan Program studi S1 Ekonomi Syariah, kepada masyarakat luas.

Tujuan kedua, membangun kerja sama atau sinergitas dengan berbagai pihak dan stakeholder baik dari birokrasi, legislatif, dunia usaha, pengusaha, perbankan, kspps, UMKM, industri kreatif, dan dunia pendidikan.

Memahami Literasi Keuangan

Menurut Mukhsinun, pihaknya juga mengundang perguruan tinggi dan sekolah serta madrasah dalam rangka membentuk masyarakat yang well litterate terhadap literasi keuangan, menumbuhkembangkan minat dan bakat generasi muda atau siswa dan mahasiswa di bidang kewirausahaan.

“Kami juga mendorong generasi muda dan membentuk mahasiswa yang berjiwa entrepreneurship serta mempertemukan antara para entrepreneur dan lembaga perekonomian masyarakat,”ujar Mukhsinun.

blank
Mahasiswa mempresentasikan rencana bisnis pada Harlah ke-6 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen.(Foto:SB/Humas IAINU Kebumen )

Rangkaian kegiatan Harlah ke-6 FEBI IAINU Kebumen diawali dengan kegiatan Seminar Ekonomi dimulai pukul 08.00, diawali sambutan Ketua Panitia, Ketua DEMA FEBI Gus Saefulloh dan Dekan FEBI IAINU Kebumen Mukhsinun.

Kegiatan seminar dibuka dengan doa dari Kepala Kantor Kementrian Agama Kebumen yang di wakili oleh Kepala Tata Usaha H Makruf Widodo SAg MPdI yang juga Pengurus YPPNU.

Sedangkan narasumber pertama dr Faiz Alauddien Reza Mardhika memaparkan tentang How To Create Sustainable Business in Digitalization Era. Mahasiswa terlihat antusias dalam menangkap materi yang disampaikan oleh Reza.Pemateri juga memberikan pengaplikasian dari materi tentang cara membangun bisnis dengan tantangan perekonomian yang kian terdigitalisasi.

Narasumber kedua tentang Literasi Keuangan oleh Gus M Faukhan Fawaqi MM. Dalam materi ini mahasiswa dilatih untuk kritis dalam menghadapi masalah keuangan. Terlebih di era digital kali ini yang semua serba mudah dan memiliki risiko yang tinggi.

Menurut Gus M Faukhan, sudah barang tentu mahasiswa dan masyarakat harus sadar dan peduli terhadap literasi dan regulasi serta keamanan di bidang usaha maupun investasi. Jangan sampai terjerat oleh pinjaman online (pinjol) maupun investasi bodong.

Mukhsinun berharap, dari kegiatan Harlah FEBI Ke-6 ini mampu memberi pengetahuan kepada mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan masyarakat luas. Sekaligus bisa diimplementasikan dalam kehidupan real sehingga dapat membawa perubahan baru bagi lingkungan ekonomi kita tercinta ke arah yang lebih baik dan berintegritas.

Komper Wardopo