blank
Alisjahbana Haliman, CEO PT. Haldin Pacific Semesta saat hadir menjadi pembicara dalam kegiatan Studium Generale “Entrepreneurship & Value Creation”. Foto: Dok/UKSW

Rektor UKSW Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si. Ak., saat membuka studium generale mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi empat fakultas. Keempat fakultas tersebut adalah Fakultas Biologi, Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB), Fakultas Sains dan Matematika (FSM), serta Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Rektor Intiyas berharap kegiatan ini bisa menjadi bagian dari pencapaian visi fakultas, untuk menjadi fakultas sains di bidangnya masing-masing.

Dari pengalaman Alisjahbana Haliman, menjadi seorang enterpreneur bisa menginspirasi mahasiswa dan peserta lainnya, agar bisa menjadi agen perubahan, mengubah yang biasa menjadi luar biasa. Hal ini senada dengan visi UKSW untuk mencetak lulusan yang bercirikan creative minority.

“Di kampus Indonesia Mini UKSW ini, mahasiswa digembleng untuk menjadi lulusan creative minority, yang bisa mempengaruhi kelompok lain menjadi aktif, menjadi agen perubahan,” kata Rektor Intiyas.

Sementara ditemui di sela kegiatan, Koordinator Konsorsium 4 Fakultas, Dr. Rully Adi Nugroho mengatakan, kedatangan Alisjahbana Haliman tidak hanya dalam rangka studium generale saja. Beliau juga akan melakukan review kurikulum UKSW sebagai wakil dari Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan sebagai Industrial Advisory Board Member.

Kunjungan ke laboratorium

Pada Jumat (10/3/2023) juga dilakukan kunjungan ke beberapa laboratorium yang ada di empat fakultas di UKSW. Dr. Rully Adi Nugroho yang juga merupakan Dekan Fakultas Biologi UKSW menyebut, kunjungan tersebut menjadi bagian dari rencana pembangunan food safety laboratory atau laboratorium keamanan pangan yang akan dikerjasamakan dengan PT. Haldin Pacific Semesta.

“Beliau ingin menginisiasi bagaimana UKSW mempunyai food safety laboratory, agar bisa dipakai untuk pendidikan dan juga jasa yang bisa ditawarkan ke masyarakat dan penelitian,” imbuhnya.

Dalam studium generale yang diikuti sedikitnya 800 mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan ini, juga ditandatangani Nota Kesepahaman tentang Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi antara UKSW dengan PT. Haldin Pacific Semesta. Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Rektor UKSW dan Alisjahbana Haliman sebagai CEO PT. Haldin Pacific Semesta.

Selain itu juga ditandatangani Memorandum of Agreement (MoA) antara empat fakultas penyelenggara dengan PT. Haldin Pacific Semesta. MoA ini ditandatangani masing-masing dekan dan Alisjahbana Haliman sebagai CEO PT. Haldin Pacific Semesta.

Ning Suparningsih