blank
Ilustrasi buah kurma. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah kurma atau yang dikenal dengan nama lain Phoenix dactylifera L merupakan salah satu jenis tumbuhan palem yang buahnya memiliki rasa manis sehingga dapat dikonsumsi oleh banyak orang .

Kurma kaya akan serat yang bermanfaat untuk mencegah sembelit dan berperan dalam pembentukan tinja, sehingga buang air besar menjadi teratur.

Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat pada kurma juga dapat melancarkan pencernaan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Identik dengan Bulan Puasa, 5 Makanan yang Cocok Untuk Berbuka

Kurma menjadi salah satu buah yang sangat identik dengan bulan puasa. Biasanya kurma dikonsumsi saat berbuka puasa sebelum makan makanan. Dikutip dari lama NU Online, berbuka puasa dengan kurma merupakan salah satu amalan sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dilansir dari Healthline, ada banyak sekali manfaat mengonsumsi buah kurma untuk kesehatan.

1. Menjaga Sistem Pencernaan

Kurma memang dikenal sapat menjaga sistem pencernaan dari beberapa gangguan seperti asam lambung dan sembelit. Kurma mengandung serat alami yang sangat dibutuhkan tubuh selama proses mencerna makanan. Dengan mengonsumsi tiga butir kurma dapat mencukupi sampai dua puluh persen kebutuhan serat setiap hari.

2. Menangkal Radikal Bebas

Kurma mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dari dalam maupun luar tubuh. Kandungan polifenol, krotenoid dan tanin dalam kurma mampu mencegah terjadinya stres oksidatif, Stres oksidatif dapat menimbulkan permasalahan seperti penuaan dini sampai beberapa penyakit kronis.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kurma bermanfaat untuk mencegah keropos pada tulang. Kurma mengandung mineral yang tinggi seperti kalsium, fosfor dan magnesium yang berperan untuk menjaga kepadatan tulang Dengan rutin mengonsumsi kurma dengan jumlah yang pas setiap hari, kemungkinan terjadinya osteoporosis dapat ditekan.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Ngantuk dan Lemas Saat Bepuasa

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma berperan untuk menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa dengan rutin mengonsumsi kurma setiap hari dalam jumlah yang pas dapat membuat aliran darah lebih lancar dan dapat mencegah terjadinya kolesterol. Dengan begitu resiko terjadinya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan kolesterol tinggi dapat dicegah.

5. Mengontrol Gula Darah

Rasa manis alami pada buah kurma dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Meskipun rasanya manis, kurma masih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes asalkan dalam jumlah yang wajar. Selain itu, kalori yang didapat dengan mengonsumsi tiga butir kurma setara dengan satu piring nasi yang dapat memenuhi asupan kalori dalam tubuh.

6. Mengganti Elektrolit Tubuh

Buah kurma mengandung pottasium yang tinggi dan bermanfaat untuk mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang. Pottasium merupakan salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh sekaligus menguatkan otot-otot tubuh.

Nah, itu dia 6 manfaat buah kurma bagi kesehatan. Meskipun kaya manfaat, mengonsumsi kurma secara berlebihan tetap tidak dianjurkan dan dapat membahayakan kesehatan.

Claudia