blank
Ilustrasi sup.Foto: Pexabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat sahur, beragam jenis makanan bisa disantap sebagai persiapan untuk melaksanakan ibadah puasa. Tujuannya agar tidak merasa lapar ketika beraktivitas saat ibadah puasa sedang berjalan di siang hari.

Dilasir dari Suara.com namun, apakah dengan makan banyak saat sahur bisa membuat perut menjadi terasa kenyang lebih lama? Bukan tidak mungkin jika saat menjalani puasa akan menjadi lapar kembali.

Untuk itu kamu bisa mengonsumsi makanan di bawah ini, yang disadur dari laman halodoc agar perut kamu tetap terasa kenyang, sehingga bisa lancar menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga:Identik dengan Bulan Puasa, 5 Makanan yang Cocok Untuk Berbuka

1. Sup

Sup menjadi salah satu makanan yang bisa membuatmu merasa awet kenyang. Di dalam sup ada beragam jenis sayuran serta daging yang bisa kamu konsumsi secara bersamaan dalam satu menu makanan.

Sup juga dipercaya dapat menghentikan sel-sel yang terdapat dalam perut yang berguna untuk mengatur hormon rasa lapar, lho. Selain itu, sup juga memiliki kandungan air yang banyak yakni sebagai kuah yang bisa membuat perutmu merasa kenyang. Cocok banget untuk kamu konsumsi ketika sahur.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan kandungan protein serta karbohidrat yang dapat membuatmu merasa awet kenyang. Selain itu kacang memiliki kaya akan serat yang terkandung di dalamnya sehingga pencernaan kamu akan tetap terjaga.

Salah satu kacang yang bisa membuatmu kenyang lebih lama adalah jenis kacang edamame. Karena protein yang terkandung di dalamnya, membuatmu tahan akan rasa lapar dan mengenyangkan lebih lama.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Ngantuk dan Lemas Saat Bepuasa

3. Telur

Telur bisa menjadi alternatif menu ketika sahur agar menjaga perutmu tetap terasa kenyang. Hal itu dikarenakan telur memiliki kandungan protein serta lemak yang membuatmu merasa kenyang lebih lama. Sehingga sangat cocok untuk menjadi menu saat sahur di kala puasa.

4. Nasi merah

Nasi merah terkenal sebagai makanan alternatif pengganti nasi putih di kala diet. Itulah sebabnya jika mengonsumsi nasi merah bisa membuat kenyang lebih lama dan tidak akan merasa lapar dengan cepat.

Nasi merah memiliki kandungan glikemik lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih itulah alasannya mengapa nasi merah cocok untuk dikonsumsi agar merasa kenyang lebih lama.

Itulah tadi 4 makanan yang bisa dijadikan santapan sahur agar terasa kenyang lebih lama untuk menghadapi puasa. Semoga bermanfaat.

Claudia