Kedatangan piala Adipura sebagai lambang supremasi kota terbersih di Pacitan, Jatim, disambut dengan apel yang digelar di halaman Pendapa Kabupaten Mas Tumenggung Djogokarjo.(Dok.Prokopim Pacitan)
PACITAN (SUARABARU.ID) – Salam Pacitan BISA memiliki arti Bersih Indah Sehat dan Asri. Ini ada kaitannya dengan piala Adipura. Lontaran Salam Pacitan BISA, ikut mewarnai apel penyambutan anugerah Adipura awal Maret Tahun 2023 lalu untuk Kota Pacitan, Jatim.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, piala Adipura tersebut diterimakan di Jakarta oleh Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar kepada Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji. Kedatangan piala Adipura di Kabupaten Pacitan, kemudian disambut dengan gelar apel di halaman Pendapa Mas Tumenggung Djogokarjo, Pacitan.

Apel dipimpin langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji (Mas aji), dan diikuti oleh unsur Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta para pimpinan perangkat daerah. Peserta Apel terdiri atas para petugas kebersihan jalan, petugas kebersihan taman, pengangkut sampah, pengelola sampah, petugas bank sampah maupun dari kelompok masyarakat pengelola TPS-3R.

TPS-3R adalah Tempat Pengelolaan Sampah (TPS)-Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) dalam kiat mengurangi, menggunakan, dan daur ulang, melalui pendekatan pengelolaan 3R. Yang itu dilakukan  mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilahan sampah, pengelolaan sampah organik yang dijadikan kompos.

Karena diwarnai hujan cukup deras, Bupati meminta para peserta untuk bergeser masuk berteduh di dalam pendapa. Meski basah kuyup, semangat para peserta apel tetap memilih bertahan di tengah guyuran hujan.

Kebanggaan
Kata Bupati, piala Adipura menjadi kebanggaan, karena Pacitan dinilai dan diapresiasi secara nasional masuk dalam kategori kota kecil yang bersih di Tanah Air. Menjadi kota yang juga teduh dan lingkungannya terkelola dengan baik.

Bagi Pacitan, kabupaten yang menjadikan pariwisata sebagai unggulan, branding Pacitan Kota Adipura sangat penting. Ini erat kaitannya dengan kiat mempromosikan dan mengenalkan pariwisata yang berwawasan lingkungan.

Untuk itu, peran seluruh stakeholder sangat penting demi mewujudkan kota Pacitan yang bersih, indah dan asri. Yakni dengan membudayakan hidup bersih dan sehat, serta menjaga dan mengelola lingkungan dengan baik.

”Tingkatkan terus kinerja, tetap semangat, tetap nyawiji, semoga upaya kita mengelola lingkungan dan mengelola sampah menjadi berkah,” tandas Bupati.

Kabupaten Pacitan, kembali meraih Piala Adipura Tahun 2022 kategori kota kecil. Penghargaan ini, menjadi anugerah yang Ke-15 kalinya. Pertama kali Pacitan meraih Piala Adipura pada Tahun Tahuun 1995. Tapi penilaian Adipura sempat terhenti beberapa tahun, terlebih dengan adanya pandemi Covid-19.

Bambang Pur