blank
Pada mahasiswa tingkat akhir yang akan menyelesaikan skripsi, memanfaatkan Learning Space di Perpustakaan SCU, dibantu para Pustakawan. Foto: scu

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Soegijapranata Catholic University (SCU) melalui UPT Perpustakaan, hadir untuk menciptakan suasana baru bagi para mahasiswanya yang ingin mengerjakan tugas. Dan pada Selasa (7/3/2023) lalu, SCU meresmikan ruangan barunya itu, yang ada di Gedung Thomas Aquinas, dengan konsep Learning Space.

Ruangan ini memang didesain khusus bagi mahasiswa tingkat akhir, yang sedang mengerjakan skripsi, tesis maupun disertasi. Tugas akhir sering kali menjadi momok bagi mahasiswa, karena perlu ketekunan dan keseriusan dalam menyiapkan berbagai bahan kajian, penelitian dan literatur.

Proses mempersiapkan berbagai hal itu memerlukan fokus, semangat dan komitmen, untuk menyelesaikan tugas akhirnya. Banyak cara yang dilakukan mahasiswa untuk meningkatkan fokus, guna mengerjakan tugas akhir.

BACA JUGA: Kemenkumham Jateng Sosialisasikan Layanan AHU Pendataan Partai Politik

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni SCU, Dr Berta Bekti Retnawati, ikut hadir secara langsung, untuk meresmikan Learning Space.

”Adanya ruangan ini, menandakan kita sangat serius menunjang fasilitas yang dibutuhkan mahasiswa. SCU akan selalu support, dan juga memberikan pendampingan bagi para mahasiswa,” tuturnya.

Ruang Belajar Learning Space ini berada di Perpustakaan, Gedung Thomas Aquinas Lantai 3, Kampus SCU. Berbagai fasilitas disediakan untuk menunjang proses mahasiswa mengerjakan tugas akhir, seperti meja kursi belajar, ruangan ber-AC, bilik pembelajaran, aliran listrik dan jaringan internet yang stabil, hingga sajian minuman yang dapat diakses kapan pun.

BACA JUGA: BNN Musnahkan 4 Hektar Ladang Ganja di Lhokseumawe

Pustakawan SCU juga akan hadir, untuk membantu mahasiswa yang terkendala dalam penelusuran informasi, literatur buku, pembuatan sitasi hingga uji coba plagiarisme di dalam ruang Learning Space ini.

Rikarda Ratih MIKom, Kepala Perpustakaan SCU berharap, agar ruang belajar Learning Space ini, dapat digunakan dan dimanfaatkan para mahasiswa dengan sebaik-baiknya. Terutama bagi mahasiswa tahap akhir.

”Harapannya, mahasiswa tingkat akhir menjadi lebih semangat dan bisa lulus dengan cepat. Ruang belajar Learning Space ini memang didesain All In One, untuk mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir,” terangnya.

BACA JUGA: Wabup Etik Minta Gubernur dan BBPJN Jateng-DIY Kawal Perbaikan Jalan Grobogan-Blora

Menurut dia, para mahasiswa juga bisa mengikuti bimbingan dengan dosennya di tempat ini. Selain itu, bisa langsung mencari referensi buku, bahkan ada Pustakawan yang siap membantu.

”Bagi mahasiswa maupun alumni SCU, peminjaman ruangan Learning Space dapat dilakukan melalui Sistem Informasi Terpadu Unika Soegijapranata (Sintak), dengan durasi tiga jam,” tukas Ratih.

Riyan