blank
Ilustrasi jalan pagi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jalan kaki jadi pilihan olahraga sederhana yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Meskipun sederhana, manfaat yang didapatkan dengan berolahraga jalan kaki ini tidak boleh disepelekan.

Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa jalan kaki dapat memberikan manfaat yang tidak sedikit untuk kesehatan.

Dilansir dari halodoc.com, jalan kaki di pagi hari dapat membantu membakar lemak tubuh. Olahraga ini sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang menginginkan tubuh yang ideal.

Dilansir dari Suara.com selain itu, jalan kaki dapat memberikan banyak manfaat lain. Berikut adalah manfaat yang didapat dengan melakukan jalan kaki di pagi hari.

Baca Juga: 5 Manfaat Jarang Memakai Make Up, Apa Kamu Salah Satunya?

1. Mengendalikan Berat Badan

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa dengan melakukan olahraga jalan kaki setiap pagi dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Dengan rutin melakukan jalan kaki 30 menit per hari, 150 kalori dalam tubuh akan terbakar. Jalan kaki juga dapat membantu menjaga jumlah lemak dalam tubuh agar tetap stabil.

2. Membuat Otot lebih Kuat

Jalan kaki dapat menjadi pilihan olahraga sederhana yang bermanfaat untuk memperkuat otot kaki. Caranya cukup dengan rutin berjalan kaki di pagi hari dengan kecepatan pelan hingga sedang. Menambah kecepatan berjalan kaki setiap hari terbukti dapat membuat otot-otot kaki menjadi lebih kuat dan sehat.

3. Menyehatkan Organ Vital

Jalan kaki tidak hanya memberikan manfaat untuk kekuatan otot kaki, tetapi juga dapat membantu menyehatkan organ vital seperti jantung dan paru-paru. Dengan berjalan kaki setiap hari, jantung akan terus memompa sehingga aliran darah dalam tubuh tetap lancar. Ini juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Selain itu, berjalan kaki dapat meningkatkan kadar oksigen dalam paru-paru dan membuat pernafasan lebih baik.

Baca Juga: Ini Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Kulit Jeruk

4. Mencegah Diabetes

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Limerick Irlandia, berjalan kaki selama dua menit setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Tentu saja olahraga ini sangat baik dilakukan untuk mencegah terjadinya diabetes. Berjalan kaki juga dapat menurunkan resistensi insulin pada orang yang sebelumnya jarang melakukan olahraga.

5. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang rentan dialami oleh pria dan wanita yang berusia lanjut. Oleh karena itu, olahraga berjalan kaki di pagi hari sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Berjalan kaki efektif meningkatkan kepadatan mineral pada tulang, sehingga kemungkinan mengalami osteoporosis dapat dikurangi.

Rutin melakukan olahraga sederhana ini akan berdampak baik untuk tubuh. Dengan meluangkan waktu 30 menit per hari, kita dapat merasakan manfaat yang tidak sedikit untuk kesehatan.

Claudia