blank
Ilustrasi 5 manfaat jarang memakai make up. Foto: Suara.com/ Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu suka memakai make up? Perempuan dan make up seperti tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Kemanapun mereka pergi, make up selalu menjadi bagian yang tidak tertinggal.

Bahkan, untuk tampilan sederhana, natural dan flawless sekalipun butuh pengaplikasian produk make up yang tepat. Dan uniknya, perempuan menggunakan make up bukan sekedar ingin tampil cantik. Namun, bagi beberapa perempuan juga untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Meskipun, tampil natural tanpa make up sebenarnya tidak akan mengurangi esensi kecantikan maupun kemampuan personal dalam pergaulan. Tampil tanpa make up juga punya sederet manfaat yang tak terduga.

Mengutip dari Yoursay.suara.com, ini manfaat jarang menggunakan make up.

1. Terlihat lebih muda

Jarang memakai make up memang membuat kulit jauh lebih sehat. Pasalnya, kulit tidak tersentuh bahan-bahan kimia yang mungkin terkandung dalam produk kecantikan. Kulit juga akan lebih cerah natural dan lebih mudah melakukan regenerasi, karena tidak terhalang make up sepanjang hari.

2. Pori-pori bisa bernapas lega

Make up biasanya dilakukan tahapan-tahapan, seperti memakai foundation, bedak dan masih banyak lagi. Namun, penggunaan foundation sebenarnya malah menyumbat pori-pori wajah dan sirkulasi udara dalam kulit jadi terganggu. Mengurangi intensitas ber-make up, akan lebih bagus karena kulit punya kekuasaan untuk bernapas lebih lancar dan semakin sehat.

3. Terhindar dari masalah kulit dan alergi

Jarang memakai make up bisa membuat kulit bernafas lebih lega dan membuat wajah terhindar dari beberapa masalah, seperti timbulnya jerawat atau flek. Selain itu, risiko kulit menjadi kering akibat terlalu sering tertutup oleh foundation dan bedak juga akan berkurang.

Kandungan bahan kimia dari produk make up jadi penyebabnya atau memang memiliki kulit yang cenderung sensitif, hingga dapat memicu alergi. Sehingga, jarang memakai make up dapat menurunkan risiko alergi.

4. Terbebas dari risiko terkena infeksi mata

Pemakaian eyeliner dan maskara yang dapat menyebabkan infeksi mata juga bisa dicegah dengan mengurangi intensitas pemakaian make up. Area mata yang cenderung sensitive, tidak lagi menjadi sumber kekhawatiran dan ketakutan saat menerapkan make up atau mencoba merek make up tertentu.

5. Mengurangi stres

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, ternyata ada manfaat psikologis yang didapat dari jarang memakai make up. Misalnya, saat memakai produk yang non-waterproof, sehingga takut luntur atau alis yang tidak presisi. Bahkan, diakui atau tidak, proses mengaplikasikan make up sendiri terkadang bisa menguras tenaga dan emosi.

Itu tadi manfaat yang dapat diperoleh saat memakai make up. Cobalah untuk percaya diri tanpa make up, karena cantik itu terpancar dari hati. Semoga bermanfaat!

  Ning Suparningsih