JEPARA (SUARABARU.ID)- Melalui pembelajaran berdiferensiasi, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7A SMP Muhammadiyah Asy Syifa’ Blimbingrejo, melakukan penerapan pembelajaran dengan praktek menyajikan teks berita dari hasil wawancara.
Setidaknya terdapat tiga tahap pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi, diantaranya ; asesmen diagnostik, persiapan pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran. Satu pekan sebelumnya, guru telah melakukan asesmen diagnostik melalui observasi harian sehingga asesmen diagnostik telah menghasilkan identifikasi kesiapan pelajar siswa, minat siswa, dan profil belajar siswa.
Selama dua hari, Sabtu-Minggu (25- 26/2023) siswa diminta untuk melakukan wawancara kepada narasumber yang telah ditentukan. Antara lain, Pengrajin Gebyok Desa Blimbingrejo (Pak Mulyadi), Warung Nasi Goreng, Isi Ulang Air Galon (Bu Herlin), dan Bengkel Motor (Bu Carik). Dari beberapa siswa tersebut dibagi menjadi tiga kelompiok yang bertugas mengunjungi ketiga narasumber yang telah ditentukan.
Pada hari pertama, kunjungan ke pengrajin Gebyok, warung Nasi Goreng dan isi ulang air galon. Sebelumnya, salah satu narasumber, Pak Mulyad,i seorang pengrajin gebyok pernah berkunjung ke SMP Muhammadiyah Asy Syifa’ Blimbingrejo, sebagai guru tamu. Dirinya menceritakan proses perjalanan dan sejarah sebagai pengrajin gebyok.
Dalam kunjungan ke pengrajin gebyok dan warung nasi goreng ini, para siswa diberi kebebasan untuk berinteraksi, dengan melakukan wawancara. Semakin tinggi keingintahuan seorang siswa maka dia akan terus bertanya kepada narasumber. Di sinilah proses asesmen formatif bekerja, penilaian berdasarkan identifikasi diagnostik siswa.
Hari berikutnya dengan metode yang sama, kelompok ketiga mengunjungi bengkel motor Bu Carik Blimbingrejo. Kemudian, teks dari hasil wawancara disusun secara berkelompok menjasi sebuah berita yang nantinya dipresentasikan di depan kelas. Pada saat presentasi, asesmen formatif masih bekerja.
Dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan sub bab menyajikan teks berita dari hasil wawancara. Persiapan pembelajaran yang dilakukan tentu menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Tujuan Pembelajaran (TP), Capaian Pembelajaran (CP), Modul Ajar (MA), dan yang tidak kalah pentingnya ialah media pembelajaran serta lingkungan belajar.
ua/arkansa