blank
Senator Dr H Abdul Kholiq (ketiga dari kiri), menyerahkan bantuan untuk Pesantren MAJT-Baznas Jateng, yang diterima Korbid Humas Pesantren, H Isdiyanto Isman (kiri), didampingi Sekretaris Pengawas Drs KH Istajib AS dan Kepala Sekretariat Nur Hidayatullah. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dr Abdul Kholik MSi, menyatakan kekagumannya, sekaligus memberikan dukungan atas adanya Pesantren Tahfidz Alquran, yang dikelola bersama antara Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dengan Baznas Jateng, sejak diresmikan pada 20 Januari 2023 lalu.

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat mengunjungi pesantren itu, yang ada di Kompleks MAJT, Senin (27/2/2023). Dalam kunjungannya, Dr Abdul Kholik diterima Sekretaris Pengawas Pesantren Drs KH Istajib AS, Korbid Humas Pesantren H Isdiyanto Isman SIP, dan sejumlah tim sekretariat pesantren.

”Merujuk pada pola pengasuhan Pesantren Yanbu’ul Alquran Kudus, saya meyakini pesantren ini akan melahirkan para penghafal Alquran yang luar biasa, dan dibutuhkan masyarakat,” kata dia kepada awak media.

BACA JUGA: Ditutup, Jalan Antarkecamatan di Karangtengah Wonogiri Retak dan Ambles

Abdul Kholik menuturkan, dalam kunjungan itu pihaknya memperoleh banyak informasi menarik tentang pesantren itu. Berdasarkan desain dari pengelola, nantinya para alumni tidak saja mampu menghafal Alquran secara baik dalam kurun waktu empat tahun, tetapi juga disiapkan untuk menjadi imam Shalat Rawatib, di masing-masing Masjid Agung di daerahnya.

Para santri nantinya juga dibekali kemampuan intelektual, komunikasi massa, dan berbagai penguasaan kitab kuning, karya para ulama Nusantara.

Abdul Kholik sendiri berobsesi, agar para santri selain hafal Alquran, juga dapat menyingkap peristiwa-peristiwa sains yang ada dalam Alquran. Seperti ilmu antariksa yang sudah dibuktikan dengan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA: Dua Pemuda di Wonosobo Ditangkap Usai Melakukan Pengeroyokan

”Alquran telah menunjukkan sisi ilmiah yang luar biasa, jauh sebelum diteliti para ilmuwan,” terang dia.

Dalam kunjungannya itu, Abdul Kholik memberikan bantuan untuk operasional pesantren. Sebagai balasannya, dia juga mendapat hadiah buku berjudul ‘Dimensi Spiritual Kiai Idham Khalid’, langsung dari penulisnya, Nur Hidayatullah.

Riyan