blank
Rektor USM, Dr Supari ST MT.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 801 mahasiswa Universitas Semarang menggelar Kuliah Umum dengan tema ”Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda” di Auditorium Ir Widjatmoko USM, Sabtu (25/2/2023).

Kegiatan menghadirkan narasumber Pangdam IV/Diponegoro yang diwakili Kepala Kelompok Staff Ahli Pangdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Joko Triyanto SE MM.

Kegiatan tersebut dihadiri antara lain Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof. Sudharto P Hadi MES PhD, Rektor USM Dr Supari ST MT, Wakil Rektor I USM Prof. Dr. Ir. Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor III Dr Muhammad Junaidi SHI MH, Ketua Senat USM Prof. Dr. Hardani Widhiastuti MM Psikolog, serta seluruh Dekan dan pejabat struktural USM.

Pada kesempatan tersebut, Brigjen TNI Joko Triyanto mengatakan, dengan melimpahnya kekayaan yang ada, Indonesia merupakan pasar yang menjanjikan bagi negara lain. Oleh karena itu mahasiswa harus lebih menyayangi dan mencintai negara Indonesia.

”Penguasaan di era ini bukan lagi bersifat invasi militer, namun dalam bentuk ekonomi, pengetahuan, budaya, dan lain-lain. Tanpa disadari itu sudah menjajah saat ini, itulah yang kita hadapi. Indonesia ini adalah milik ,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia merupakan rumah bagi seluruh rakyat Indonesia untuk berkarya. Segala kegiatan Iptek dan budaya harus berorientasi kembali ke Indonesia meskipun berkarya di luar negeri.

”Perjuangan bangsa ini ada pada kita sendiri. Negara ini adalah milik kita, jangan bangsa kita dijajah seperti dulu. Dengan belajar, loyal terhadap negara, jujur dan bertanggung jawab menuntut ilmu, itu sudah merupakan wujud sederhana dari bela negara,” ujarnya.

‘Itu sudah wujud dari bela negara dan cinta Tanah Air, output dari ilmu yang didapat harus diimplementasikan dalam membangun negara ini,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor USM, Dr Supari ST MT mengimbau mahasiswanya agar lebih memacu diri dalam menempuh pendidikan di USM sehingga menjadi insan unggul, professional dan berkeindonesiaan.

”USM memiliki visi ke-Indonesiaan yang telah di legalkan Yayasan Alumni Udip. Hal itu menjadi tugas kami (USM) untuk mengantarkan mahasiswa USM menjadi pribadi yang unggul di masa depan, cerdas, dan berke-Indonesiaan,” ucapnya.

Dia mengatakan, mahasiswa USM adalah pemuda terpilih yang akan menjadi calon pemimpin masa depan, tentunya berperan besar dalam menentukan kemajuan Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

Hal senada dikatakan Ketua Yayasan Alumni Undip Prof. Sudharto P Hadi, MES PhD. Dia berharap, para mahasiswa dapat lebih menggali ilmu pengetahuan selama berkuliah, sehingga menjadi sarjana yang pandai, cerdas dan peduli pada pesoalan yang dihadapi bangsa ini.

”Sarana dan prasarana kampus yang lengkap tidak banyak artinya jika tidak digunakan dengan baik, karena itu kami berharap para mahasiswa mengeksplor pengetahuan tidak hanya diruang kelas. Sehingga menjadikan kampus ini (USM) kawah candradimuka, nyaman dan membuat hari-hari yang ada di USM menjadi produktif dan menyenangkan,” tandasnya..

Zidan/Mh