blank
UMKM yang ada di sekitar Pasar Suryokusumo, kini ramai dikunjungi Kicau Mania, yang sedang menunggui sang burung latihan. Foto: dp

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gantangan burung berkicau Mabes Kaliber, yang ada di belakang Pasar Suryokusumo, Tlogosari, Semarang, menjadi salah satu barometer dan tempat favorit untuk melatih dan melombakan burung berkicau, seperti Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer dan Kenari.

Mabes Kaliber menyelenggarakan latihan rutin bersama, setiap Rabu dan Sabtu sore, mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai. Sedangkan agenda lombanya digelar setiap bulan sekali, pada hari Minggu.

Dengan adanya latihan dan lomba burung itu, menjadikan Gantangan Mabes Kaliber selalu dihadiri para kicau mania. Hadirnya penggemar burung itu, menjadikan prinsip ekonomi berlaku di sekitar daerah itu.

BACA JUGA: Mahasiwa Magister Hukum USM Seminar Hasil KKL di KPK dan UI

blank
Moch Ahid (kiri) dan Joko, pengelola Gantangan Mabes Kaliber. Foto: dp

”Mabes Kaliber selain sebagai tempat silaturahmi antar-Kicau Mania, juga menghidupkan kembali UMKM di Pasar Suryokusumo,” kata Moch Ahid dan Joko, selaku pengelola Gantangan Mabes Kaliber, yang ditemui di sela latihan, Jumat (17/2/2023).

Ditambahkan Ahid, Mabes Kaliber akan selalu bebenah dan berinovasi, untuk memberikan pelayanan kepada Kicau Mania, agar mereka merasa senang dan nyaman, untuk menggantang burung kesayangannya.

”Saat ini kita sudah melengkapinya dengan rumput sintetis dan kamera CCTV, untuk kepuasan Kicau Mania. Fasilitas itu kami sediakan, agar saat burung gacoannya berlaga, ada dokumentasi visual lewat CCTV,” imbuhnya.

BACA JUGA: Gelar Upacara 17-an, Dandim 0728 Wonogiri Bacakan Amanat KASAD

Ditambahkan dia, agenda terdekat lomba burung dengan nama Pesta Kacer, akan digelar pada Minggu (26/2/2023) mendatang. Event ini merupakan lanjutan Road to 2nd Anniversary Bapak Kacer Indonesia.

”Pesanan tiketnya sudah mengalir deras saat ini. Bahkan Kicau Mania dari luar Pulau Jawa rencananya juga akan ikut hadir, dan sudah pesan tiket. Silakan hadir, utamakan silaturahmi dalam berhobi,” tukas Ahid.

dr Prie