Upacara penutupan pendidikan pertama Bintara TNI AD TA 2022, yang berlangsung di lapangan dr. Koesen Hirohoesodo Rindam IV/Diponegoro. Foto: Dok/Pendam

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono yang diwakili Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Deddy Suryadi memimpin upacara penutupan pendidikan pertama Bintara TNI AD TA 2022, Kamis (9/2/2023).

Kegiatan yang berlangsung di lapangan dr. Koesen Hirohoesodo Rindam IV/Diponegoro ini dihadiri Irdam IV/Diponegoro, para Asisten Kasdam, para Kabalak dan Komandan Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro, Danrindam IV/Diponegoro, staf, Dansatdik, para Gumil dan pelatih.

Melalui sambutannya, Kasdam mengucapkan selamat kepada para mantan siswa Dikmaba TNI AD TA 2022 atas keberhasilannya menyelesaikan pendidikan dengan baik dan lancar.

“Seorang Bintara dituntut memiliki kemampuan dan keterampilan yang baik disertai disiplin dan loyalitas yang tinggi, dengan berlandaskan pada Sapta Marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa tugas TNI Angkatan Darat kedepan akan semakin kompleks dan dinamis akibat berubahnya karakteristik bentuk ancaman. Oleh karena itu para prajurit harus siap melaksanakan tugas sebagai prajurit TNI Angkatan Darat yang tangguh, profesional dan dicintai rakyat.

“Jadilah Bintara yang cerdas dan mampu beradaptasi terhadap segala bentuk perubahan dan tantangan dimasa mendatang,” tandasnya.

Selepas pelantikan para prajurit mengikuti pembekalan lanjutan pada pendidikan Tahap II sesuai kejuruan masing-masing. Sehingga perlu adanya kesiapan fisik dan mental untuk bisa melalui semua tahapan.

Dari pendidikan yang ditempuh selama lima bulan tersebut predikat siswa terbaik diraih oleh Serda Saka Pamungkas putra dari Suparno yang berprofesi sebagai anggota TNI AD asal Purwokerto.

Berikutnya juara dua diraih Serda I Putu Ngurah Ardana putra dari I Putu Bagia berprofesi sebagai anggota TNI AD asal Kabupaten Semarang, dan peringkat tiga diraih oleh Serda Jonatan Turnip putra dari Hotdin Turnip berprofesi sebagai wiraswasta asal Jepara.

Ning Suparningsih