Pejabat utama Polresta Magelang berfoto bersama Tim Kompolnas, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Dalam rangka pengumpulan data dan pemantauan pengamanan destinasi pariwisata super prioritas di wilayah hukum Polda Jawa Tengah, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan kunjungan kerja di Polresta Magelang, Kamis (9/2/2023). Ketua Tim Muhammad Dawam bersama tiga anggota yang terdiri Kinanti Ulfa Aristi, Flamanda Jeine Tampomori, serta Teguh Supandi.

Ketua tim, Muhammad Dawam, memberikan ucapan selamat atas kenaikan tipe Polres menjadi Polresta Magelang. Dinilai sudah pas karena ada destinasi wisata Candi Borobudur.

Kenapa Polres Magelang naik menjadi Polresta karena ada amanat dan mandat di Polresta Magelang. “Yang harus dilakukan adalah apa arahan Kapolresta agar anggota ikut membantu melaksanakan arahan beliau,” tandasnya.

Kapolresta Kombes Pol Ruruh Wicaksono menyampaikan, pada 8 November 2022 Polres Magelang memang sudah dinaikan tipe menjadi Polresta. Jumlah personelnya sampai saat ini sekitar 900 orang. “Kami masih membutuhkan jumlah personel dua kali lipat, hal ini masih dalam proses,” ungkapnya.

Selebihnya dipaparkan, Polresta Magelang mempersiapkan diri karena memiliki destinasi wisata Candi Borobudur. Belum lama ini melaksanakan pengamaan Ibu Negara, Iriana Jokowi, yang berkunjung ke Candi Borobudur. Selain itu pengamanan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno juga ke Borobudur dalam rangka ATF 2023.

Rencana ke depan juga akan ada lari Maraton Candi Borobudur dan masih banyak lagi acara besar lainnya di Candi Borobudur.

Kabag Ops Polresta Magelang, Kompol Andre Bachtiar, menyampaikan paparan tentang konsep pengamanan Candi Borobudur. Kemudian dilanjutkan wawancara di ruang kerja Kapolresta Magelang.

Eko Priyono