blank
Ilustrasi cokelat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cokelat merupakan makanan lezat yang kaya akan nutrisi. Namun, selama ini cokelat dianggap sebagai penyebab naiknya berat badan.

Padahal, penyebab utama naiknya berat badan adalah kandungan gula yang sering dicampurkan ke dalam cokelat. Kandungan cokelat alami tanpa bahan tambahan apa pun sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan, bahkan cocok dikonsumsi saat diet.

Nah, jika kamu bermimpi makan cokelat setiap hari, sekarang mungkin kamu punya alasan yang tepat. Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa cokelat hitam kaya akan antioksidan dan dikemas dengan berbagai nutrisi.

Baca Juga: Benarkah Cokelat Dapat Menurunkan Berat Badan? Yuk Simak Selengkapnya

Dilansir dari hellosehat.com, jika ingin mengonsumsi cokelat untuk menurunkan berat badan, Kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Pilih cokelat hitam alias dark chocolate

Hindari cokelat putih dan cokelat susu karena mengandung tambahan gula, susu, lemak jenuh, dan lemak trans. Kandungan ini justru bisa membuat Anda cepat gemuk.

Pilihlah cokelat hitam karena lebih mengenyangkan daripada cokelat susu. Cokelat hitam mengandung kadar kakao sebesar 70% ke atas.

Kandungan tersebut membuat rasa cokelat lebih pekat dan meningkatkan rasa puas saat mengonsumsinya. Cokelat hitam juga menggunakan lemak dari mentega kakao lebih banyak daripada cokelat putih atau cokelat susu.

Baca Juga: Dapat Menghambat Penuaan, Yuk Simak 14 Manfaat Cokelat Bagi Tubuh

Kadar senyawa flavonoid, kafein, dan teobromin pada cokelat hitam juga lebih tinggi. Ini akan meningkatkan efektivitas cokelat menurunkan berat badan.

2. Makan satu potong kecil cokelat setelah makan malam

Waktu paling tepat untuk makan cokelat untuk menurunkan berat badan adalah sebelum dan sesudah makan. Ingat, cukup konsumsi satu potong kecil cokelat untuk menjaga berat badan kamu tetap stabil. Ini membantu kamu kenyang lebih lama.

Sebaiknya, konsumsi cokelat tidak lebih dari 20-30 gram per hari. Hal ini juga berguna untuk membatasi asupan kafein harian kamu. Jika terlalu banyak, kafein akan membuat Kamu sulit tidur, dehidrasi, hingga jantung berdebar.

3. Olah menjadi cokelat panas

Selain makan cokelat batangan, Kamu bisa mengonsumsi cokelat dalam bentuk cokelat panas tanpa gula.

Baca Juga: Konsumsi Cokelat Berlebihan, Ini Dampak Buruknya

Larutkan sekitar 1,5 sendok makan bubuk kakao tanpa gula ke dalam seperempat cangkir air panas. Kamu boleh menambahkan 1/2 cangkir susu bebas lemak dan tambahkan 1/4 cangkir air panas.

Resep cokelat panas ini hanya memberikan sekitar 99 kalori untuk Kamu. Jadi, tak perlu cemas berat badan akan naik setelah minum cokelat panas. Cokelat memang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, Kamu perlu ingat bila cokelat yang Kamu pilih sebaiknya cokelat hitam tanpa gula tambahan.

Tidak hanya itu, cokelat hitam juga merupakan makanan yang baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Agar penurunan berat badan lebih optimal, selalu imbangi dengan olahraga dan menjaga asupan harian, ya.

Claudia