blank
Hidangan Cokelat saat valentine. Foto: Choco lava ( Tangakapan layar Youtube Devina Hermawan)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cokelat dan valentine bagaikan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Makanan manis ini paling sering jadi andalan hadiah valentine. Salah satu sajian yang bisa jadi alternatif adalah chocolava. Jika ingin membuatnya sendiri, resep chocolava pun terbilang mudah.

Jika Anda ingin menunjukkan sesuatu yang lebih spesial, coba hadiahi pasangan dengan chocolava buatan Anda sendiri. Dilansir dari Suara.com, cokelat yang meleleh dari dalam kue bertekstur lembut itu akan membuat pecinta cokelat merasakan kebahagiaan.

Dilansir dari kanal YouTube Devina Hermawan, berikut adalah resep chocolava yang bisa digunakan untuk membuat enam porsi.

Baca Juga: Resep: Pancake Durian

Bahan:
– 100 gr butter
– 150 gr dark chocolate, cincang
– 2 butir telur
– 1 butir kuning telur
– 40 gr gula pasir
– 3sdm tepung terigu protein sedang
– 1/4 sdt garam
– 1 sdm cokelat bubuk

Bahan olesan:
– Mentega
– Cokelat bubuk

Cara membuat
1. Lelehkan butter lalu siram di atas cokelat yang sudah dicincang. Cokelat akan mencair dengan sendirinya tanpa harus dipanaskan secara langsung.
2. Di tempat terpisah, kocok telur dengan gula sampai warnanya berubah menjadi pucat dan tidak ada yang menggumpal.
3. Masukkan campuran cokelat yang sudah tidak panas ke dalam adonan telur dan gula. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Baca Juga: Membantu Turunkan Berat Badan, Simak Tips Makan Cokelat yang Tepat

4. Olesi aluminium cu dengan mentega dan coklat bubuk. Setelah itu, tuangkan adonan chocolava hingga memenuhi 1/2 bagian dari cetakan lalu tutup dengan alumunium foil.
5. Panaskan wajan atau teflon yang sudah diisi dengan air kurang lebih 1/2 ketinggian dari wajan.
6. Jika airnya sudah mendidih, masukkan adonan chocolava yang sudah ada dalam cetakan ke dalam teflon selama 8–12 menit dengan api kecil.

7. Setelah itu, angkat chocolava yang sudah matang dan keluarkan dari cetakan.
8. Chocolava siap disajikan sebagai hadiah valentine.

Selain terasa lebih manis dengan ketulusan yang Anda berikan, membuat kue sendiri akan membebaskan Anda dalam berkreasi. Contohnya, saat ingin menambahkan sesuatu yang menyegarkan pada chocolava, Anda bisa memberikan potongan strawberry saat menyajikannya.

Demikian informasi mengenai resep chocolava untuk valentine. Selamat mencoba dan semoga pasangan Anda menyukainya. Jangan lupa untuk menyajikannya saat masih panas!

Claudia