Dalam rapat tersebut ditegaskan, data sangatlah penting untuk intervensi kemiskinan dan stunting yang tepat. Dikatakan, data yang diinginkan itu dari warga masyarakat,  karena dengan itu intervensi diharapan tidak keliru.

Gubernur Ganjar Pranowo  mengapresiasi langkah Blora dan Rembang yang telah melakukan intervensi-intervensi untuk mengatasi persoalan kemiskinan dan stunting. Salah satunya adalah bapak asuh, yang mengusung konsep gotong royong untuk penurunan stunting.

“Menarik, kades di Rembang dan Blora menjadi bapak asuh, kan tadi ditanya mengasuh berapa? dijawab saya mengasuh dua keluarga saya mengasuh tiga keluarga, ini pola gotong royong yang bagus sekali,” tandas Gubernur Ganjar Pranowo.

Kepada warga kepada kades, camat, Gubernur Ganjar meminta agar diantara mereka bisa menunjukan data yang paling tepat sehingga nanti problem-problem yang muncul di desa baik individu maupun komunitas kita bisa selesaikan secara bersama-sama.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora H. Arief Rohman mengungkapkan, berkaitan dengan kemiskinan di Kabupaten Blora pada 2022 cenderung mengalami penurunan bila dibandingkan tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah tahun 2022 kemarin kemiskinan kita mengalami penurunan 0,3 persen dari 12,39 menjadi 11,53 persen dan kita juga bertekad pak gubernur sesuai dengan RPJMD kita, semoga nanti bisa turun di 10 persen,” jelas Bupati Blora.

Kedes Wajib Jadi Bapak Asuh

Pihaknya juga menyambut baik dukungan dan sinergi dari Pemprov dengan Pemkab Blora, salah satunya melalui program bantuan keuangan. Dimana bantuan keuangan tersebut juga diarahkan untuk penanggulangan kemiskinan.

“Kami mohon arahannya supaya kemiskinan di Kabupaten Blora dan Rembang ini bisa mengalami penurunan di angka 10 persen,” ucap  Bupati H. Arief.

Di kesempatan itu pula,  Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Kabupaten Blora mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora berkomitmen serius dalam percepatan penurunan stunting, termasuk memperkuat data yang dimiliki.