blank
Manfaat pohon durian yang jarang diketahui. foto: pohon durian (pixabay)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Selain buahnya yang lezat untuk dimakan dan dijadikan banyak kreasi makanan, ternyata pohonn durian juga memili banyak manfaat yang mungkin jarang kita ketahui.

Durian memiliki rasa dan tekstur yang khas. Durian yang lezat biasanya punya rasa manis, sedikit pahit, dan tekstur yang tidak terlalu keras. Dengan aroma yang khas, kehadiran durian di satu ruangan mudah sekali dideteksi.

Durian merupakan tanaman berkayu yang memiliki tinggi 10-45 m, batang kokoh berkulit coklat agak kemerahan dan mengalami pengelupasan kulit kayu secara teratur. Daun durian berbentuk lanset dengan ujung daun meruncing dan tulang daun rapi.

Baca Juga: Tidak Perlu Panik, 6 Tips Mengatasi Mabuk Durian

Dilansir dari lindungihutan.com, Contoh dari manfaat pohon durian dengan memanfaatkan kulitnya sebagai pewarna alami. Yuk simak manfaat lainya pohon durian bagi kesehatan dan lingkungan.

1. Pohon Durian Efektif sebagai Pencegah Erosi
Perakaran pohon durian akan mencengkram lapisan tanah atas,, sehingga dapat mencegah erosi. Manfaat pohon durian yang mungkin juga jarang kita ketahui adalah ternyata dapat berperan sebagai pencegah erosi.

Seperti kita ketahui bersama, erosi adalah kondisi di mana tanah terkikis dan diangkut oleh kekuatan alam seperti angin atau air. Sementara itu, pohon durian ternyata berperan sangat penting dalam pencegahan erosi di lahan-lahan miring.

Sebab, perakaran pohon durian akan mencengkram lapisan tanah atas, sehingga tanah tersebut terbebas dari erosi. Akar pohon memang memiliki kontribusi dalam mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor. Karena, air hujan yang jatuh ke tanah akan diserap oleh pohon sehingga tidak mengalir sia-sia atau menimbulkan bencana seperti banjir. Justru, air yang diserap kemudian menjadi cadangan air di musim kemarau. Alhasil, ketersediaan air tanah terus terjaga dan debit mata air pun tetap besar.

Baca Juga: Mitos Atau Fakta, Makan Buah Durian Dapat Membuat Darah Tinggi?

2. Serasah Daun Pohon Durian Menyuburkan Tanah
Banyaknya unsur hara dalam serasah daun bisa mempercepat pertumbuhan tanaman. Serasah adalah salah satu sumber unsur hara dalam siklus unsur hara di dalam ekosistem. Tanaman memberikan sumbangan bahan organik melalui daun-daun, cabang, dan rantingnya yang gugur dan juga melalui akar-akarnya yang telah mati.

Banyaknya unsur hara yang terkandung dalam serasah daun kering dapat mempercepat pertumbuhan maupun produksi pada tanaman. Dalam konteks ini, manfaat pohon durian juga terdapat pada serasahnya. Sisa-sisa tanaman atau serasah akan tertahan oleh batang durian sehingga dapat menyuburkan tanah.

4. Manfaat Daun Durian untuk Mencegah Infeksi Jamur Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun duriian bisa berfungsi sebagai antifungi. Indonesia menyimpan beragam jenis tanaman beserta dengan potensi-potensinya. Tanaman tersebut oleh masyarakat kerap kali dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Baca Juga:Dapat Mencegah Penuaan Dini, Simak 9 Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan