Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria saat memberikan sambutan.(FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Sebanyak 858 anggota Panitia Pemungutan Suara(PPS) se-Kabupaten Kendal, dilantik oleh ketua Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kendal, di Gedung Olahraga(GOR) Bahurekso Kendal, Selasa(24/01/2023).

Acara pelantikan PPS ini dihadiri Forkopimda, seluruh Camat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah(OPD) terkait.

Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria, menyampaikan bahwa 858 anggota PPS se-Kabupaten Kendal akan melaksanakan tugasnya pasca dilantik hari ini.

“Jadi bapak ibu sekalian, jangan bahagia terlebih dahulu. Karena setelah dilantik, panjenengan sudah harus bekerja,” kata Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria.

Untuk itu Hevy meminta seluruh anggota PPS yang telah dilantik ini, agar berkoordinasi dengan pihak desa dalam rangka pembentukan sekretariat. Pertama pembentukan sekretariat TPS yang jumlahnya sama 858 orang yang harus dibentuk. Kemudian pembentukan pantarlih dan petugas coklit yang akan dibentuk pada 26 Januari.

“Jadi sudah ada tugas- tugas yang sudah menanti. Jadi bapak ibu yang baru dilantik hari ini, bukan bearti hanya menerima SK, tapi langsung bekerja. Jadi bapak ibu sekalian, saya rasa kebahagian di hari ini di GOR Bahurekso ini, akan diikuti dengan tugas- tugas yang sangat berat, karena di tulang punggung bapak ibulah, yang nanti akan melaksanakan tugas dan suksesnya Pemilu tergantung dari kita semua,”papar Hevy.

Menurut Hevy, tugas KPU tidak sederhana. KPU dan jajarannya sampai tingkat KPPS, yang seluruh jumlahnya sekitar 37. 462 personil yang akan dikerahkan oleh KPU Kendal, mulai dari KPU, PPK, PPS, KPPS Pantarlih dan petugas keamanan TPS yang akan bekerja hingga pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 nanti.

“Bapak ibu sekalian harus menyiapkan fisik dan menyiapakan kesehatan dan jangan sampai oleng ketika menghadapi tahapan- tahapan pemilu. Yang paling dekat adalah coklit, yaitu pencocokan dan penelitan daftar pemilih Pemilu tahun 2024. Kalau yang PPK lama, PPS lama pasti sudah paham, bagaimana rumitnya daftar pemilih. Maka dari itu bapak ibu sekalian, harus menyiapakan fisik, dan menyiapakan mental,”terang Hevy.

Hevy berharap, bantuan dari pemerintah daerah untuk mendukung pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Jika ada konflik bisa segera diselesaikan dengan baik agar tidak mengganggu jalanya pelaksanaan Pemilu.

“Mudah- mudahan, bisa sejalan dan sinergi antara Pemda dan KPU, Bawaslu dan stakeholder lainnya, sehingga pelaksanaan Pemilu tahun 2024 tidak ada halangan sehingga bisa sukses,”harapnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, meminta para PPS baru dilantik ini, bisa menjaga fisik dengan baik, untuk itu dari sekarang harus bisa mengatur pola hidupnya dari pola makan dan olahraganya. Karena mereka perannya sangat berat dalam Pemilu tahun 2024 mendatang.

Selain itu, mereka juga harus bisa menjaga mental, karena mental juga sangat penting sekali. Dan jangan sampai terpengaruh oleh oknum- oknum yang bisa mempengaruhi hasil Pemilu.

“Kalian harus bisa menjaga tugasnya dengan amanah, dan bertanggungjawab, serta profesional. Mudah- mudahan, dengan dilantiknya PPS ini, kebersamaan KPU dalam menjaga Pemilu 2024 mendatang, benar- benar bisa terwujud sehingga Pemilu bisa berhasil dan sukses,”harapnya. Sapawi