blank

Asep Amaludin, S.Pd. M.Si.
Dosen UIN Saizu Purwokerto

BANYUMAS (SUARABARU.ID): Proses pengkaderan menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari Organisasi. Pimpinan Organisasi hendaklah memiliki komitmen terhadap keberlangsungan regenerasi berikutnya. Konsep perubahan zaman memicu perbedaan konsep berfikir seseorang terhadap sesuatu. Begitu juga SDM yang berkarakter mampu mengakomodir dengan cepat kebutuhan organisasi terhadap perkembangan zaman. Adapun profil SDM berkarakter yang dibutuhkan organisasi yaitu :
1. Jujur dalam bersikap dan berucap
Jujur menjadi modal awal setiap orang yang menginginkan dipercaya oleh orang lain, sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW yang dikenal dengan julukan Al Amin. Jujur juga menjadi penentu seseorang mampu bersikap dengan baik karena tidak ada yang ditutup tutupi. Janganlah bersikap “bermuka dua” karena sesungguhnya itu adalah perbuatan orang-orang munafik.
2. Memiliki Integritas
Sikap ini menunjukan SDM yang konsisten terhadap ucapan dan keyakinan yang tercermin dalam sikap dan pergaulan sehari-hari. Banyak orang yang lebih besar omongannya dibandiingkan perilakunya, orang seperti ini menandakan tidak memiliki integritas karena ini tidak memiliki konsistensi terhadap perilakunya.
3. Kompeten dan professional
Setiap SDM wajib harus menguasai ilmu dan pengetahuan sesuai bidangnya. Karena tidaklah akan mampu mengerjakan tugas dengan baik jika SDM tidak kompeten dan hendaklah berlaku sesuai dengan kemampuan dan SOP yang ditetapkan organisasi.
4. Bertanggungjawab
Konsep tanggungjawab merupakan hal terpenting bagi SDM, Dimana tidak akan ada pekerjaan yang berjalan dengan baik dan tuntas tanpa tanggungjawab. Tidak banyak orang yang berani menggambil sikap kemudian gagal dan ia berani bertanggungjawab untuk menyelesaikan persoalan yang ditimbulkan. Ada juga SDM yang harusnya bertanggungjawab malah justru kabur karena takut tidak selesai bahkan memiliki persoalan dan digantikan oleh orang lain yang harus nya tidak menjadi tanggung jawabnya.
5. Berorientasi pada Kesempurnaan Kerja
Dalam konteks kreativitas dan inovasi tentulah sangat dibutuhkan dalam organisasi karena faktor yang memiliki keniscayaan adalah perubahan itu sendiri berkaitan dengan hal itu SDM yang berorientasi pada kesempurnaan kerja selalu akan memberikan hasil kerja terbaiknya walaupun tidak berimpilkasi terhadap imbalan yang didapatkan.
6. Memiliki Jiwa Rendah Hati
Kesombongan itu akan membuat hati menjadi mati dan akan menutup kebenaran, jadi “Rendahkanlah hatimu sampai orang lain tidak lagi bisa merendahkanmu”. Kata mutiara yang harapannya menjadi acuan bagi kita. Rendah hati justru akan menambah ilmu dan pengalaman baru dari berbagai sumber.
Dengan keenam profil tersebut, maka butuh komitmen untuk membentuk diri menjadi profil tersebut sehingga diharapkan mampu memberikan sumbangsih besar bagi perkembangan dan regenerasi organisasi.

Asep Amaludin, S.Pd. M.Si.
Dosen UIN Saizu Purwokerto