blank
Ganjar berbincang dengan ibu-ibu hamil, menyusui, dan remaja, di acara Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), yang dilakukan di Desa Prampelan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Senin (23/1/2023). Foto: hms

DEMAK (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, punya cara unik dalam memeriahkan HUT Megawati Soekarno Putri, yang genap berusia 76 tahun, Senin (23/1/2023) ini.

Ganjar merayakan ultah presiden kelima Indonesia sekaligus Ketua Umum PDIP ini, dengan terjun langsung ke masyarakat, guna melaksanakan perintah Megawati, yakni berupaya menyelesaikan stunting.

Gubernur Jateng dua periode ini, gowes dari Semarang menuju Desa Prampelan di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Di sana, Ganjar ngobrol dengan ibu-ibu hamil, menyusui, dan remaja, dalam acara Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat).

BACA JUGA: Pesan Tegas KONI Jateng untuk Cabor Bola Tangan Jika Ingin Tampil di PON 2024

”Gimana bu kabarnya, sehat? Kandungannya sehat kan? Oya, karena sedang bersama ibu-ibu, hari ini ibu presiden kelima kita ulang tahun lho. Ayo kita ucapkan selamat pada Ibu Megawati,” ajak Ganjar, saat ngobrol bareng ibu-ibu hamil dan menyusui.

Langsung saja, mereka kompak mengucapkan selamat ulang tahun untuk Megawati. Doa dan harapan diberikan, agar Megawati panjang umur dan sehat selalu.

”Tadi bersama ibu-ibu hamil dan menyusui, kami menyampaikan selamat ulang tahun untuk Bu Mega. Mudah-mudahan beliau selalu diberikan kesehatan dan kekuatan,” kata Ganjar.

BACA JUGA: Empat Agenda Besar Pertina Jateng Bakal Dibahas di Rakerprov

Di momen ulang tahun Megawati ini, Ganjar menyampaikan, memilih terjun ke masyarakat guna mengecek program penanganan stunting. Sebab menurutnya, PDIP khususnya Megawati, sangat konsen terkait program itu.

”Gerakan inilah yang bisa kita sinergikan, agar apa yang menjadi perhatian Megawati kepada kami yang ditugasi di eksekutif, menjadi jelas. Bu Mega sangat perhatian betul kepada orang hamil, perhatian banget pada penurunan angka stunting, perhatian banget kepada para remaja, khususnya remaja putri,” jelasnya.

Apalagi, lanjut dia, Megawati selalu memerintahkan jajarannya, untuk turun ke masyarakat menyelesaikan permasalahan yang ada, termasuk stunting. Sebagai salah satu kader PDIP, Ganjar memang sudah lama fokus penanganan stunting, melalui program terkenalnya, Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5ng).

”Perintah inilah yang kita lakukan pas di tengah ulang tahun beliau. Jadi ulang tahun Ibu Megawati kita rayakan dengan hal-hal yang bermanfaat, dan di beberapa titik yang membutuhkan perhatian,” jelas Ganjar.

Riyan