blank
Ganjar (kanan), bersalaman dengan Puan Maharani, sesaat sebelum pelaksanaan kegiatan Jalan Sehat Menuju Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU), di Surakarta, Minggu (22/1/2023). Foto: hms

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Presiden RI Joko Widodo, bersama Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengikuti Jalan Sehat Menuju Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU), di Surakarta, Minggu (22/1/2023).

Ikut juga dalam kegiatan ini, Ketua PBNU KH Yahya Cholil Staquf, tokoh Nasional hingga jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Lebih dari 35 ribu peserta, mengikuti jalan sehat untuk menyambut satu abad NU. Jalan sehat menempuh jarak sekitar tiga kilometer, dengan start dari halaman Pura Mangkunegaran.

BACA JUGA: Jawa Timur Juara Umum PORSENI NU 2023 dengan Raihan 21 Emas

Di barisan terdepan, Jokowi tampak ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan cucunya Jan Ethes, serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Sedangkan Ganjar yang mengenakan kaus warna merah dan bertopi putih, memilih membaur bersama peserta umum. Para peserta tampak berulangkali meneriaki nama Ganjar. Mereka juga meminta foto bersama dan bersalaman.

”Menjelang satu abad usia Nahdlatul Ulama, hari ini perayaannya meriah. Karena kemarin didahului dengan Porseni (Pekan Olahraga dan Seni). Sehingga hari ini membahagiakan sekali, kira-kira ada 35 ribu orang yang hadir,” ujar Ganjar.

BACA JUGA: Asrama Haji Donohudan Ada Demitnya, Benarkah?

Kegiatan kali ini, ujarnya, menjadi momentum kebahagiaan bersama. Sebab, Presiden Jokowi dan sejumlah tokoh Nasional, dapat menyapa langsung kepada masyarakat.

”Menyenangkan sekali tadi, sehingga Presiden juga bisa menyapa masyarakat. Mbak Puan juga hadir, para menteri juga hadir. Menyenangkan sekali hari ini,” tuturnya.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah, momentum perkawinan dua budaya antara dua pemimpin, yakni Keraton Mangkunegaran dan Pemerintah Kota Surakarta.

BACA JUGA: Hati-hati, Gunung Dieng Masuk Status Waspada

”Tapi antusiasme masyarakat luar biasa. Gus Yahya rawuh, Presiden rawuh. Dan ini mengawinkan budaya yang ada di Solo. Maka Raja Mangkunegara dan Wali kota yang sama mudanya, bisa berkolaborasi, sehingga Keraton menjadi satu tempat pertemuan sedemikian banyak orang. Dan antusiasme tadi terasa betul,” imbuh Ganjar.

Menurut dia, event jalan sehat kali ini juga mampu menggeliatkan ekonomi masyarakat. ”Hotel penuh, UMKM juga laku. Ada geliat kegembiraan dan ekonomi. Ini acara rangkaian yang menarik, karena bertepatan juga ada Imlek,” tandasnya.

Riyan