blank
Ilustrasi seorang anak belajar coding. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABRU.ID)- Berkarier sebagai programmer di era digital seperti saat ini menjadi pilihan yang tepat. Karena semua sudah serba digital dan lewat aplikasi, maka kemampuan coding menjadi hal mutlak bagi seorang programmer.

Umumnya jika ingin menggeluti dunia programmer, kalian harus mengambil jurusan kuliah yang berhubungan dengan dunia IT untuk bisa mengetahui lebih banyak tentang informasi dan teknologi.

Nah untuk bisa memprogram dan mengembangkan sebuah aplikasi di masa depan, Anda perlu untuk belajar skill coding. Tapi jika bukan lulusan jurusan IT, bagaimana?

Baca Juga: Perhatikan Warnanya, Lima Tips Memilih Kol yang Segar

Tenang saja, karena realita di lapangan sudah banyak yang membuktikan bahwa Anda tidak harus berasal dari jurusan IT jika ingin mahir meng-coding. Asal ada kemauan dan konsisten untuk belajar, perkara coding ini masih bisa ditakhlukkan kok.

Lantas apa saja kiat sukses untuk bisa belajar coding secara otodidak bagi pemula? Berikut ini 5 cara belajar coding yang bisa dilakukan secara mandiri untuk kalian yang ingin terjun di dunia IT dan programmer.

1. Temukan tujuan yang ingin dicapai

Setiap keinginan harus memiliki tujuan yang jelas. Hal tersebut akan menjadi motivasi selama proses belajar berlangsung. Sama dengan belajar coding, kalian harus menentukan apa tujuan yang ingin kalian capai selama belajar coding.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Simak Empat Tips Mengobati Gigitan Tomcat

Misalnya, “aku ingin belajar coding agar bisa menjalankan bahasa pemrograman X”. Nah, jadi kalian harus menentukan terlebih dahulu tujuan dari proses belajar coding tersebut ya.

Nantinya tujuan ini bisa bercabang menjadi berbagai goals dan target yang harus dicapai di masa depan selama proses belajar tersebut berlangsung.

2. Pilih jenis bahasa pemrograman yang akan dipelajari

Setelah menentukan tujuan, selanjutnya tentukan jenis bahasa pemrograman yang ingin kalian kuasai. Pilihlah jenis bahasa pemrograman yang sesuai dengan preferensi kalian. Contohnya, “aku pilih bahasa pemrograman A karena tingkat kesulitannya paling mudah”, atau “aku pilih bahasa pemrograman B karena paling dibutuhkan di dunia kerja.”

Baca Juga: Bisakah Manusia Melakukan Hibernasi?

Bahasa pemrograman ada banyak sekali jenisnya diantaranya, HTML/CSS, JavaScript, Phython, C++, PHP, hingga SQL. Setiap bahasa pemrograman yang populer saat ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Jadi jangan lupa disesuaikan dengan kebutuhan, ya.

3. Cari materi untuk belajar (tutor, video, maupun buku)

Karena kalian belajar coding secara mandiri dan otodidak, maka kalian perlu memiliki guide yang nantinya akan menuntun proses belajar. Untuk mendapatkan materi dan panduan belajar kalian bisa mencari tutor yang memiliki pengalaman di bidang ini.

Namun jika ingin belajar secara mandiri, kalian bisa mencari berbagai video tutorial di YouTube dan download buku panduan yang dapat diakses secara gratis di beberapa situs.

Baca Juga: Tiga Tips Menghentikan Kebiasaan Anjing Agar Tidak Menggigit

4. Cari tools untuk mempermudah proses belajar

Selain belajar coding menggunakan bahasa pemrograman, kalian juga wajib menyediakan tools yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan kalian nantinya.

Berbagai jenis tools yang sering digunakan oleh para programmer ketika meng-coding antara lain Code Editor, Console, Project Management, hingga Troubleshooting.

Code Editor berfungsi untuk menulis code secara lebih cepat dan efisien. Console berfungsi untuk menemukan jenis file yang kalian butuhkan selama proses coding berlangsung.

Baca Juga: Tujuh Tips Membuat Anak Kucing Tidur di Malam Hari

Sementara itu Project Management berfungsi untuk membagikan files hingga meng-update timelines. Sedangkan Troubleshooting berfungsi untuk menemukan kendala seperti i, dan lain sebagainya selama meng-coding.

5. Gabung ke komunitas programmer/coding

Terakhir, kalian harus memanfaatkan peran komunitas untuk selama belajar coding. Komunitas programmer/coding dapat menjadi sarana untuk bertanya, berdiskusi, dan menemukan tips untuk mengatasi berbagai macam masalah yang kalian temukan selama proses belajar.

Itulah langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk mulai belajar coding secara mandiri dan otodidak tanpa latar belakang pendidikan di jurusan IT. Semoga bermanfaat!

Claudia