blank
Ilustrasi daun salam. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Daun Salam merupakan pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan nama latinnya adalah Syzygium polyanthum.

Mungkin bagai orang yang jarang ke dapur mereka tidak mengenal apa itu daun salam. Pasalnya daun salam mempunyai aroma yang nikmat dan biasanya dijadikan sebagai bahan penyedap masakan.

Akan tetapi, tak jarang kalau tanaman herbal ini juga bisa dikonsumsi karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Kemudian bagian yang paling banyak menyimpan manfaat adalah pada daun dan juga minyaknya.

Baca Juga: Dapat Menyembuhkan Penyakit, Empat Manfaat Tak Terduka Daun Krokot

Tanaman daun salam ini juga mengandung beberapa senyawa penting seperti niasin, serat, tanin dan vitamin C. Selain itu senyawa lain yang bisa ditemukan adalah serat, rendah kalori, vitamin, mineral dan antioksidan karena mempunyai sifat antikanker, antiiflamasi dan antibakteri.

Seperti dirangkum dari Halodoc, berikut ini adalah beberapa manfaat daun salam bagi kesehatan.

1. Baik untuk Sistem Imun Tubuh

Dalam daun salam ini terdapat beberapa sumber vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang mana baik untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tanaman ini pun biasanya kerap dikonsumsi oleh lansia dan juga anak-anak guna membuat sistem kekebalan tubuh kuat.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan, Tiga Manfaat Jintan Putih Jarang Jarang Diketahui

2. Baik untuk Sistem Pencernaan dan Ginjal

Daun salam rupanya bisa dibuat teh herbal dan dapat meringankan gangguan sakit perut. Hal ini pun berdampak baik pada sistem pencernaan untuk mencegah kerusakan lambung dan melancarkan buang air kecil.

Daun salam ini bisa membantu tubuh dalam melepaskan racun dan baik untuk kesehatan ginjal. Adanya senyawa organik ini bisa ditemukan dalam daun salam untuk mengatasi sindrom iritasi pada usus besar dan mencerna makanan.

3. Bisa Cegah Stres dan Depresi

Adanya kandungan linalool dalam daun salam ini bisa menurunkan tingkat stres dan juga kecemasan pada tubuh. Daun salam juga mempunyai kualitas yang baik sebagai penenang alami sehingga membantu tubuh lebih tenang dan mengurangi depresi.

4. Dapat Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Obat herbal yang terbuat dari daun salam ini mempunyai sifat antibakteri dan bisa menghentikan bakteri tumbuh. Apalagi, daun salam bisa menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus (bakteri karena infeksi Staph) dan E. coli.

Demikianlah tadi beberapa manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Claudia