blank
Sembilan mahasiswa Unika Semarang, dari Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, akan mengikuti program riset di Taiwan dan Thailand. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sebanyak sembilan mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang, dari Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), akan mengikuti Internship Program Pre-Departure Orientation.

Program ini merupakan kolaborasi internasional FTP Unika, dengan perguruan tinggi di luar negeri. Melalui program ini, mahasiswa FTP Unika nantinya akan menjalani Research Internship di Assumption University (AU) Thailand, dan National Chiayi University (NCYU) Taiwan.

Lima mahasiswa yang akan ditempatkan di AU, Thailand, pada 18 Januari-1 Maret 2023 yakni, Cecilia Valen Hariyanto, Denise Katalina Armandi, Febri Sibarani, Felicia Stella Sastradi, dan Rachel Jovanka Raharjo.

BACA JUGA: Ratusan Peserta KKN Gabungan Unwahas dan Unisnu Diterjunkan di Kecamatan Gunungpati

Mereka akan dibimbing oleh Asst Prof Pronpen P, Dr Roungdao Klinjapo, Asst Prof Dr Waralee Watcharin, dan Siripan Pochailert.

Sedangkan empat mahasiswa lainnya, Henry Tan, Leony Tanzil, Shannon Viola Agustino serta Olivia Zierra, berada di NCYU, Taiwan. Dosen senior NCYU, Prof Cheng-Kuang Hsu, akan mendampingi para mahasiswa FTP Unika, selama proses riset di Taiwan.

Dalam kesempatan itu, nantinya para mahasiswa berkesempatan menggali pengalaman dan penelitian di luar negri. Selain itu, melatih kemampuan riset yang mendukung pengembangan diri, untuk menjadi Sarjana Teknologi Pangan yang berkualitas.

BACA JUGA: Dikunjungi Siswa-siswi RA NU Baiturrahman, Ini yang Dilakukan Satlantas Polres Jepara

Henry Tan, salah satu mahasiswa FTP Unika 2021 menuturkan, kegiatan ini merupakan program Kuliah Kerja Praktik yang menyenangkan. ”Saya memilih topik produk pembuatan teh, dengan bahan kedelai hitam dan kedelai merah,” terang Henry Tan, dalam keterangannya di Semarang, belum lama ini.

Menariknya, program ini membebaskan mahasiswa untuk memilih topik yang sudah disiapkan, dan mereka akan melakukan kerja praktik selama 2-3 bulan.

”Selama mengikuti program ini, kita dapat beasiswa senilai 30 ribu NT, untuk semua kebutuhan selama dua bulan. Untuk tempat tinggalnya sendiri, kita nanti tinggal di dormitory NCYU,” ungkapnya.

Riyan