blank
Kerjasama Mahasiswa KKN Unisnu Jepara dan Unwahas Semarang di Kecamatan Gunungpati.

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang dan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara bersama-sama menerjunkan mahasiswanya untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Gunungpati, Semarang.

Bertempat di Aula Kecamatan, Selasa (17/1/2023), penerjunan dua kelompok KKN dari dua universitas yang berbeda ini dihadiri Pimpinan Unwahas yang diwakili oleh Dr. Ali Martin, Sabar Trimulyono, Sekertaris Kecamatan, Delapan lurah di Kecamatan Gunungpati yang desanya dijadikan lokasi KKN, serta seluruh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Dengan mengambil tema “Ketahanan Ekonomi Menuju Masyarakat Sehat”, KKN Kolaborasi Unwahas dan Unisnu diikuti sebanyak 298 peserta. 289 peserta dari mahasiswa Unwahas dan 9 peserta dari mahasiswa Unisnu.

Kegiatan KKN dilaksanakan mulai 17 Januari – 28 Febuari 20223. Masing-masing peserta dibagi di 8 kelurahan Gunungpati, yaitu kelurahan Cepoko, Sukorejo, Nongkosawit, Kandri, Saden, Jatirejo, Pongangan, Gunungpati. Sementara itu, tim KKN kolaborasi Unwahas dan Unisnu mendapat bagian di Kelurahan Sukorejo.

Dalam kesempatan itu, Dr. Ali Martin mengatakan, “KKN kolaborasi ini merupakan awal dari kerjasama Unwahas dan Unisnu dalam bidang penelitian dan pengabdian”, katanya, dalam sambutannya.

“Semoga  dengan adanya pemberdayaan dan pendampingan dari peserta KKN dapat memberikan manfaat yang lebih untuk masyarakat. Selain itu, peserta juga sangat diharapkan untuk bisa menjaga nama baik almamater dan memberi kesan baik selama KKN”, lanjutnya.

“Jaga diri baik-baik, jaga kesehatan dan saya harapkan harus saling bekerjasama baik dalam kelompok maupun bersama bapak/ibu Lurah dan masyarakat kelurahan” ujarnya.

Sementara itu, dari pihak Kecamatan Gunungpati menyambut baik atas adanya kegiatan KKN di beberapa kelurahanya. diharapkan para peserta KKN dapat cepat beradaptasi dengan Kelurahanya masing-masing.

“Di Gunungpati ini kultur budayanya masih kental dan partisipasi masyarakatnya dalam melakukan kegiatan juga masih tinggi, jadi nanti teman-teman KKN bisa berbaur dengan kemasyrakat sekitar” tutur Sabar Trimulyono.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis peserta KKN dari pihak Unwahas kepada Perangkat Kecamatan Gunungpati.

ua/galuh