ilustrasi penggunaan tusuk gigi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menggunakan tusuk gigi setelah makan guna membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang, Seperti dilansir dari Suara.com pada Senin (16/01/2022).

Tapi tahukah kamu bahwa tusuk gigi ini tidak dianjurkan untuk terlalu sering digunakan dikarenakan dapat memicu masalah pada gigi dan gusi. Dilansir oleh situs resmi alodokter.com, berikut 4 risiko menggunakan tusuk gigi yang wajib kamu tahu!

1. Terjadinya Infeksi

Sejatinya gigi dan gusi merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang sensitif dengan benda-benda yang tidak bersih dan steril, seperti tusuk gigi. Bisa saja terdapat kuman pada tususk gigi yang kita pakai, lalu kuman tersebut bisa memasuki tubuh melalui luka pada gusi.

Baca Juga: Sering Dilewatkan, Tiga Manfaat Kulit Bawang Bagi Kesehatan

Maka dari itu, sebisa mungkin, kita perlu menghindari penggunaan tusuk gigi yang sudah terpapar udara terlalu lama. Karena dikhawatirkan terdapat banyak kuman yang terkandung di tusuk gigi tersebut.

2. Menyebabkan Ruang Antar Gigi

Ketika kita tengah mencoba mengambil makanan yang terselip pada sela-sela gigi, tentu kita akan menekan masuk tusuk gigi tersebut ke dalam sela gigi untuk bisa mengambil makanan yang terselip.

Padahal ruang antargigi ini nantinya akan semakin melebar jika kita melakukan kebiasaan tersebut. Lama-kelamaan, sela antargigi yang semakin meluas justru malah akan mengakibatkan lebih banyak lagi sisa makanan yang menyelip.

Baca Juga: Selain Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Empat Dampak Radiasi Ponsel Pada kesehatan Tubuh

3. Terjadinya Kerusakan Gusi

Pernahkah kamu mengalami gusi berdarah setelah menggunakan tusuk gigi? Jika ya, maka yang perlu kamu lakukan adalah menghentikan pemakaian tusuk gigi saat itu juga.

Tentu saja gusi yang terluka tersebut akan jauh lebih mudah terinfeksi oleh bakteri sehingga malah menyebabkan penyakit gusi lainnya.

4. Tertelannya Tusuk Gigi

Tusuk gigi yang memiliki bahan dasar kayu atau plastik memiliki peluang untuk patah Ketika tengah digunakan. Nah, kalau sampai hal ini terjadi, potongan tusuk gigi tersebut bisa jadi akan tertelan. Tusuk gigi yang memiliki ujung yang runcing ini akan berpotensi melukai bagian dalam tubuh kit ajika tertelan.

Nah, itulah 4 risiko dalam menggunakan tusuk gigi. Sebaiknya kamu perlu mengurangi penggunaan tusuk gigi agar risiko tersebut tidak terjadi pada kamu.

Claudia