Suasana Nobar wayang orang di Aula Makodim 0715/Kendal.FOTO:SB/ Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Misael Marthen Jenry Polii, bersama anggota Kodim 0715/Kendal melaksanakan kegiatan Nonton Bareng (Nobar) Pagelaran Wayang Orang dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2023 dengan lakon “Pandawa Boyong” di Aula Makodim 0715/Kendal, Minggu (15/01/2023).

Selain Nobar di Aula Makodim 0715/ Kendal, Nobar yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki (TIM) yang melibatkan Panglima TNI, Kapolri dan Para Kepala Staf Angkatan sebagai pemeran dalam kegiatan Pagelaran Wayang Orang tersebut yang di siarkan secara Live Streaming ini, juga digelar di seluruh Koramil Jajaran Kodim 0715/Kendal.

Dandim 0715/Kendal melalui Pasiter Kodim 0715/Kendal, Kapten chb Bambang Ruseno mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera yang ke- 61 tahun 2023, seluruh jajaran melaksanakan kegiatan Nobar pagelaran wayang orang dengan lakon “Pandawa Boyong” yang menceritakan tentang sejarah dari peristiwa pada tanggal 15 Januari tahun 1962 atau 61 tahun yang silam.

Danramil 16/Rowosari, Kapten Inf Cahyono Suyatno mengatakan, anggota Koramil Jajaran Kodim 0715/Kendal melaksanakan kegiatan Nobar pagelaran wayang orang di Makoramil masing-masing.

Nobar wayang orang ini untuk melestarikan budaya Indonesia, karena wayang orang sudah diakui oleh badan dunia sebagai warisan budaya tak benda milik bangsa Indonesia.
“Kita sebagai warga Indonesia mempunyai kewajiban untuk melestarikan budaya ini, salah satunya dengan menggelar pertunjukan wayang orang yang saat ini mulai dilupakan oleh generasi muda,”ujar Danramil 16/ Rowosari Kapten Inf Cahyono Suyatno.

Menurut Kapten Inf Cahyono Suyatno, wayang orang merupakan hiburan rakyat, hiburan para petani, nelayan dan seluruh masyarakat.

“Banyak nilai-nilai yang disampaikan melalui budaya, khususnya dalam membangun kebersamaan, persatuan dan nasionalisme,”ucapnya. Sapawi